PERAN PENDTDlICAN FISlKA DALAM PENlNGI
Abstract
Pcndidikan Fisika rnemiliki dimensi metode dan substansi yang
kduanya bcrpcran dslarn pengembangan penehian. Hal ini didasarkan
pada hasil perlelitian fisiba yang memiliki objektivitas yang
tinggi dnn LCFU~O~.I CJI karcna itu , upaya pcningkatan peran Pendidiknn
Fisika pcrlu dilnkukan dcngan melibatkan diri kc sekolah-sekolah
dengay ,,rncml>angt~nk crjasa~nay ang bcrsifnt kernitman. Hal-ha1 yang
d a p 1 dililngnrli anlnrn lain analisis materi pelnjaran bertolak dari
konscp d:~s:tr pcrncrsnlil dalnrn Pisika. Upaya ini perlu dilakukan agar
guru dan sisws di sckolnh mcrniliki wawasan Fisika yang lebih luas
dan mcndal.qm. Kcgialan lain hcrsnms guru untuk mclakukan penelitian
kclas. puhlikasi bcrsama dari knrya yang dihasilkan, baik meIalui kegiatan
PPM m:iupun bcntuk kerjasama lainnya. Melalui kegintan semacarn
ini siklus tri dharmn aksn mc~jadi scrnakin nyata dan bermanfaat
bagi kcdun bclah pihak.
kduanya bcrpcran dslarn pengembangan penehian. Hal ini didasarkan
pada hasil perlelitian fisiba yang memiliki objektivitas yang
tinggi dnn LCFU~O~.I CJI karcna itu , upaya pcningkatan peran Pendidiknn
Fisika pcrlu dilnkukan dcngan melibatkan diri kc sekolah-sekolah
dengay ,,rncml>angt~nk crjasa~nay ang bcrsifnt kernitman. Hal-ha1 yang
d a p 1 dililngnrli anlnrn lain analisis materi pelnjaran bertolak dari
konscp d:~s:tr pcrncrsnlil dalnrn Pisika. Upaya ini perlu dilakukan agar
guru dan sisws di sckolnh mcrniliki wawasan Fisika yang lebih luas
dan mcndal.qm. Kcgialan lain hcrsnms guru untuk mclakukan penelitian
kclas. puhlikasi bcrsama dari knrya yang dihasilkan, baik meIalui kegiatan
PPM m:iupun bcntuk kerjasama lainnya. Melalui kegintan semacarn
ini siklus tri dharmn aksn mc~jadi scrnakin nyata dan bermanfaat
bagi kcdun bclah pihak.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.9252
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.