EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA SECARA HOLISTIK
Abstract
Pembelajaran bahasa secara holistilc memililci ciri<iri Ichusus. Demilcian juga
seharusnya bentulc evaluasinya. Kenyataan menunjulclcan bahwa evaluasi yang sekarang
digunakan lebih banyalc berupa tes. Tes-tes tersebut Icurang dapat mengevaluasi
Icemampuan berbahasa (liDguIstk performance), lebih banyak mencalcup Icompetensi
bahasa (liDguIstk compete~). Mengingat Cungsi babasa adalah sebagai sarana
komunikasi, sarana berfilcir, dan wabana elcspresi, maka pembelajaran bahasa termasuk
evaluasinya barus dapat mengembangkan kemampuan berbahasa secara Cungsional dan
kontelcstual. Dengan kata lain, evaluasi pembelajaran bahasa seharusnya dilalcukan
secara holistik. Evaluasi secara holistik meliputi pengamatan proses, pengamatan hasil.
pengulcuran Icontelcstual, dan pengukuran nonlcontekstual.
seharusnya bentulc evaluasinya. Kenyataan menunjulclcan bahwa evaluasi yang sekarang
digunakan lebih banyalc berupa tes. Tes-tes tersebut Icurang dapat mengevaluasi
Icemampuan berbahasa (liDguIstk performance), lebih banyak mencalcup Icompetensi
bahasa (liDguIstk compete~). Mengingat Cungsi babasa adalah sebagai sarana
komunikasi, sarana berfilcir, dan wabana elcspresi, maka pembelajaran bahasa termasuk
evaluasinya barus dapat mengembangkan kemampuan berbahasa secara Cungsional dan
kontelcstual. Dengan kata lain, evaluasi pembelajaran bahasa seharusnya dilalcukan
secara holistik. Evaluasi secara holistik meliputi pengamatan proses, pengamatan hasil.
pengulcuran Icontelcstual, dan pengukuran nonlcontekstual.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9226
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.