PENGEMBANGAN PROGRAM PENGAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER (CAI) DENGAN SISTEM AUTHORING
Abstract
Seiring dengan meningkatnya jumlah kepemilikan perangkat
komputer oleh berbagai pihak, maka kebutuhan akan tersedianya program
pengajaran berbantuan komputer (CAI) pun semakin meningkat dan
perlu mendapat perhatian serius. Agar diperoleh efektifitas yang tinggi,
maka pengemban program CAI perlu direncanakan dengan baik yakni
dengan memperhatikan aspek-aspek: umpan balik , percabangan, penilaian,
monitoring kemajuan, petunjuk, dan tampilan.
Para pendidik yang kurang memahami bahasa pemograman dapat
mengembangkan program CAI secara profesional dengan menggunakan
sistem authoring. Keuntungan sistem authoring dibanding dengan perangkat
lunak lainnya adalah kemudahan dan kesederhanaannya. Sedangakan
kerugiannnya adalah dalan ha1 kecepatan eksekusi dan kebutuhan
memori. Namun demikian, dengan perkembangan perangkat keras saat
ini, kerugian ini menjadi tidak terasa.
komputer oleh berbagai pihak, maka kebutuhan akan tersedianya program
pengajaran berbantuan komputer (CAI) pun semakin meningkat dan
perlu mendapat perhatian serius. Agar diperoleh efektifitas yang tinggi,
maka pengemban program CAI perlu direncanakan dengan baik yakni
dengan memperhatikan aspek-aspek: umpan balik , percabangan, penilaian,
monitoring kemajuan, petunjuk, dan tampilan.
Para pendidik yang kurang memahami bahasa pemograman dapat
mengembangkan program CAI secara profesional dengan menggunakan
sistem authoring. Keuntungan sistem authoring dibanding dengan perangkat
lunak lainnya adalah kemudahan dan kesederhanaannya. Sedangakan
kerugiannnya adalah dalan ha1 kecepatan eksekusi dan kebutuhan
memori. Namun demikian, dengan perkembangan perangkat keras saat
ini, kerugian ini menjadi tidak terasa.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9224
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.