PERMASALAHAN PENDIDlKAN MENYONGSONG PASAR BEBAS
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9217Abstract
Era pasar bc:bas merupakan peluang dan tantangan bagi lulusan pendidikanyang berkualitas untuk bc:rsaing sekaligus bekerjasama dengan bangsa-bangsa Asean
lainnya dalam merebutkan peluang pasar. Langkah strategis untuk mengembangkan
kualilas SDM ialah pendidikan. Dalarn melaksanakan langkah strategis tersebut, dunia
pendidikan dihadapkan pada berbagai masalah seperti: kompelisi, kooperasi, adaptasi:'
partisipasi, negosiasi, Icomunikasi, inovasi, dan jati diri.
Penyebab timbulnya masalah-masalah tersebut di antaranya adalah: sentralisasi
birokrasi, meremehkan kualitas, monopoli, oligopoli, korupsi , pungli, rnengejar target
kuantitas, belurn dapat belcerja secara tim, belum ada peraturan perundang-undangan
tentang kerjasama pengusaha dengan pengelola selcolah, belenggu aturan-aturan
praktis, rendahnya kualitas SDM. lemahnya daya bayar masyarakat; rendahnya
keterampilan berkomunikasi, tenutupnya budaya dialogis ilmiah, terbiasa menunggu
perintah dari atas, dan dampak negatif globalisasi.
AJternalif pemecahan masalah antara lain: mengadakan Undang-Undang anti
monopoli, menggalakkan budaya kualilas. menciptakan pengelola pendidikan dan
lulusan-Iulusan yang terampil berkooperasi. mengembangkan lebih banyak pendidikan
bidang eksakta, meningkalkan kemitraan dengan swasta, meningkatkan penelilian
mengembangkan pendidikan profesional, membudayakan akreditasi pendidikan,
menggalakkan pendidikan kewiraswastaan, mengadakan deregulasi pendidikan,
membekali teori dan pralctek negosiasi. mengikuti kursus bahasa, membudayakan dialog
i1miah dan mitra bestari, melibatkan pengelola pendidikan dalam perencanaan
pendidikan, meningkalkan dukungan sumber daya pendidikan, melestarikan budaya .
banggsa, dan memperkuat iman dan taqwa.
Downloads
Published
2016-05-12
How to Cite
Usman, H. (2016). PERMASALAHAN PENDIDlKAN MENYONGSONG PASAR BEBAS. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9217
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.