MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN JASMANI
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9202Abstract
Pengorganisasian rencana program dituangkan ke dalam suatukurikulum Pendidikan Jasmani, sebagai suatu bidang studi yang mempunyai
kedudukan penting dalam pendidikan, mengenal beberapa model
kurikulum yang dipergunakan untuk membentuk dan mendesain programnya.
Berdasarkan hasil kajian dan penelitian praktik pendidikan jasmani
di masa lalu dan pada masa kini, terdapat lima model yang berkembang
dan dipergunakan dalam mendesain program pendidikan jasmani.
Model dimaksud adalah pendidikan olahraga, pendidikan kebugaran,
analisis gerakan, perkembangan, dan "personal meaning". Tidak ada
satupun model yang paling baik, karena kelima model mempunyai
perbedaan dalam pendefmisian tujuan, struktur program, definisi dasar
mempunyai perbedaan dalam pendefinisian nilai yang paling dominim
dipergunakan.
Kelima model kurikulum memiliki kelebihan dan kekurangan.
Kelebihan dan kekurangan setiap model, serta karakteristik setiap model
perlu dicermati dan dipelajari agar perencana dan pembuat kurikulum
behati-hati dalam menentukan berhati-hati dalam menentukan pilihan.
Pilihan dan pembuatan kurikulum harus pula didasarkan atas trend
pendidikan yang sedang berkembang, kebijakan, kondisi masyarakat,
minat dan kebutuhan peserta peserta didik, dan biaya serta ketersediaan
sumber daya manusia.
Downloads
Published
2016-05-11
How to Cite
Suherman, W. S. (2016). MODEL KURIKULUM PENDIDIKAN JASMANI. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9202
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.