ANTISIPASI DAMPAK SIARAN TERHADAP POLA PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA

Kus Eddy Sartono,

Abstract


Kehadiran teknologi antene parabola yang memungkinkan penerimaan
secara langsung siaran televisi negara tetangga sem semakin
marakanya televisi swasta di Indonesia, memberikan lebih banyak pilihan
kepada pemirsanya. Tulisan ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana
dampak siaran-siaran televisi tersebut terhadap perilaku anak-anak,
sem upaya apa yang hams ditempuh keluarga guna meredam dampakdainpak
yang tidak diinginkan.
Televisi merupakan salah satu media elektronik yang digemari
anak-anak, di samping karena praktis dan efIsien, televisi juga mempunyai
sifat audio visual yang punya daya tarik. Media televisi bagi anakanak
mempunyai fungsi sebagai media fantasi, media diversi dan medm
intruksi. Sebagai media instruksijika dikaitkan dengan kenyataan tingginya
frekuensi anak-anak menonton televisi, maka televisi merupakan
media yang mempunyai posisi strategis bagi pengembangan kepribadian
anak. Mengupas masalah dampak televisi' terhadap perilaku anak.
Mengupas masalah dampak televisi terhadap perilaku anak, Himmelet
berpendapat bahwa melalui teIevisi anak-anak diajari mengenal nilai-nilai
luhur masyarakatnya, tetapijuga disuguhi nilai-nilai lain yang menuntut
mereka untuk memberikan makna sendiri, justru di sini pentingnya perah
keluarga, agar tidak teJjadi sosialisasi yang keliru. Hal ini sejalan dengan
pemikiran Robert Coles bahwa situasi keluargalah yang menjadi variabel
moderator hubungan antara tayangan di televisi dengan perilaku
tertentu anak-anak. Anak-anak dari keluarga yang berk~'alitas kehidupan
rendah sangat peka dan rawan terhadap pengaruh yal.,"': ditimbulkan
siaran buruk televisi.
Pendidikan dalam keluarga merupakan inti fondasi dal uendidikan
secara keseluruhan, agar pendidikan anak dalam kelua16a dapat
berIangsung dengan baik ada sejumlah asas yang perIu diperhatikan
yaitu: pendidikan agama, kasih sayang, perkembangan anak, situasi
kondusif, pembentukan kebiasaan, keteladan, motivasi dan bimbingan
serta komunikasi.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats