KARAKTERISTIKA IPA DAN KONSEKUENSI PEMBELAJARANNYA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Suyitno Al.,

Abstract


IPA sebagai ilmu memiliki karakteristik obyek dan persoalan serta
eara kerja pemecahan masalahnya yang membedakan dengan kelompok
disiplin ilmu lain. Obyek dan persoalan IPA adalah semua gejala benda
dan peristiwa alam serta hllbllngan scbab akibatnya. Dasar pengembangan
konsep IPA dilakukan melalui pengamatan pengamatan, pereobaan
atau eksperimen dengan prosedllr dan sikap ilmiah. Dengan demikian
dalam pembelajaran IPA bagi siswa SD dcngan pcndekatan keterampilan
proses (PKP) merupakan konsekkllensi logis dari sifat keilmuannnya.
Ada tiga aspek penting sebagai modal bagi guru IPA dalam .
mengembangkan strategi pembelajaTan IPA yaitu pennguasaan mateTi
dengan kaTakteristiknya, pemahamannya tcrhadap subyek beIajar dan
penguasaanya dalam khasanah teoTi belajar mengajar IPA. Untuk meningkatkan
kesiapan dan kemampuan guru dalam melaksanakan PKP ,
perIu peningkatan kualitas guru dalam tiga aspek penting ter-schut. Salah
satu kebutuhan yang mendasar adalah meningkatkan pemahaman guru
mengenai karakteristik IPA dan konsekuensi dalam pembelajarannya.
Untuk mendorong pclaksanaan PKP, perlu didukung oleh kebijakan
kelembagaan yang tcpat. Kebijakan sistem guru keIas sa-ngat
menghambat usaha-usaha ke arah spesialisasi keahlian. Disam-ping itu,
pcnggunaan tolok ukur tingkat kcbcrhasiIan pengajaran IPA yang semata-
mata dari segi produk yang dapat dihafal akan mendorong guru
melaksanakan pengajaran IPA secara tradisional, bukan bobot aktivitas,
sikap scrta kctcrampilan yang berkembang.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.9196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats