HIKAYAT KALILA DAN DAMINA DITINJAU DARI ASPEK PENDIDIKAN
Abstract
Arus globalisasi yang melanda berbagai belahan dunia, lermasuk
Indonesia telah membnerikan andil cukp besar terhadap kemajuan.
Namun, di sisi lain globalisasi memberikan dampak negal.if berupa
peningkatan kriminalitas, dekadensi moral, dan benluk penyimpangan
yang lain. Berbagai pihak yang menaruh keprihatina'nmenyarankan agar
digunakan filter budaya sebagai penangkairiya. Hikayal Kaliladan
Domina Dilinjall dari Aspek Pendidikan ditulis dalam rangka mempcrkenalkan
budaya nenek moyang kila, sckaligus mengkaji nilai-nilai yang
terdapat di dalamnya untuk kepenlingan pembangunan, khususnya dalam
bidang pendidikan.
Pemilihan subjek kajian didasarkan pada perlimbangan isi dan
motivasi penulisannya. Kalika dan Damina berisi kisah leJ:llang keberhasilan
seorang pendeta dalam mengangkat anak raja dari perilaku bermasalah
sehingga menyadari kedudukannya sebagai pewaris masa depan
bangsa dan negara. Oleh penyusunnya cerila itu dimaksudkan untuk
memberikan pelajaran tentang berbagai hal.
Hikayat Kalila dan Damina sebagai salah satu cerila berbingkai
sarat dengan nilai pendidikan, anlara lain (I) pendidikan polilik, lerularna
polilik 'devide et impera', (2) pendidikan kemasyarakatan, (3) taktik
dan stralegi menghadapi 'lawan, (4) tipu-menipu dan rayuan, (5) kecermatan
dan pengendalian emosi. 'Oi samping itu di dalamnya terdapat .
beberapa pernyataan dan cerita yang berisi pendidikan hukum, moral,
dan kesenatan. Penyajian hikayat ini kepada generasi muda akan memberikan
manfaat ganda, di satu pihak akan bermakna bagipeningkatan
apresiasi sastra, dan di lain pihak diharapkan dapat bermanfaatbagi
pendidikan, terutama dalam usahanya membenluk manusia Indonesia
yang berbudaya.
Indonesia telah membnerikan andil cukp besar terhadap kemajuan.
Namun, di sisi lain globalisasi memberikan dampak negal.if berupa
peningkatan kriminalitas, dekadensi moral, dan benluk penyimpangan
yang lain. Berbagai pihak yang menaruh keprihatina'nmenyarankan agar
digunakan filter budaya sebagai penangkairiya. Hikayal Kaliladan
Domina Dilinjall dari Aspek Pendidikan ditulis dalam rangka mempcrkenalkan
budaya nenek moyang kila, sckaligus mengkaji nilai-nilai yang
terdapat di dalamnya untuk kepenlingan pembangunan, khususnya dalam
bidang pendidikan.
Pemilihan subjek kajian didasarkan pada perlimbangan isi dan
motivasi penulisannya. Kalika dan Damina berisi kisah leJ:llang keberhasilan
seorang pendeta dalam mengangkat anak raja dari perilaku bermasalah
sehingga menyadari kedudukannya sebagai pewaris masa depan
bangsa dan negara. Oleh penyusunnya cerila itu dimaksudkan untuk
memberikan pelajaran tentang berbagai hal.
Hikayat Kalila dan Damina sebagai salah satu cerila berbingkai
sarat dengan nilai pendidikan, anlara lain (I) pendidikan polilik, lerularna
polilik 'devide et impera', (2) pendidikan kemasyarakatan, (3) taktik
dan stralegi menghadapi 'lawan, (4) tipu-menipu dan rayuan, (5) kecermatan
dan pengendalian emosi. 'Oi samping itu di dalamnya terdapat .
beberapa pernyataan dan cerita yang berisi pendidikan hukum, moral,
dan kesenatan. Penyajian hikayat ini kepada generasi muda akan memberikan
manfaat ganda, di satu pihak akan bermakna bagipeningkatan
apresiasi sastra, dan di lain pihak diharapkan dapat bermanfaatbagi
pendidikan, terutama dalam usahanya membenluk manusia Indonesia
yang berbudaya.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.9188
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.