PENINGKATAN KUALITAS LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM REKREASI
Abstract
Fungsi utama program ini adalah untuk memperkaya
kehidupan seseorang dcngan membe~ikan kesempatan kepada
setiap orang untuk ambil bp.giar!.lda:lp'-~ s,uatu kegiatan hingga
memungkinkan orang ter~~b~t cl':lpa,t, ~en~mukan tempat dan.
cara penyaluran untuk men'g.un·g~apkan :?egala keinginan, perasaan
(uneg-uneg), dan pote'ris"t':yang'dltnlliki sehingga memperoleh
kepuasan.
Mengenai kcpua$an ~tu sendiri dapat diperoleh
meIalui kegiatan petualan~~ri, k,e:.gi,at~n. berkelompok/berkawan
penguasaan keterampi1~m tertentu, karena dapat menikmati
keindahan. ,dan karena daya ciptanya berkembang.
Keeemuanya itu merupakan bekal menuju ke arah pencapaian
kesejahtera.an umat mam,J!5.i~~;~:M~lall;li, program rekreasi ini
seseorang dibantu .untuk., me!1gem!?flo"gkan potensi yang dimiliki
dan menumbuh'kan inif{at kuaJ untuk·da.pat memanfaatkan
waktu luang dengankiigiafan !ya:ng:'koh~tiuktif, menjadi warga
negara yang baik, 'perca..Ya· .did; ;dan har'ga diri.
Yang penting ;)y~tq~!,!disimak di, sini adalah bahwa
rekreasi. itu sen~iri pada;pas~rl')¥i1: ~et-ih merupakan pengalaOlan
yang b;erharga atau be..nilii"f yang didapat melalui program
rekreasi' yan'g diorganisasi da~ipada merupakan bentuk suatu
kegiatan tertentu. Program rckreasi tersebut dapat djorganisasi
atau direncanakan oleh sekolah, universitas, badan-badan
rekreasi masyarakat. daniatau sejenisnya. Termasuk kegiatan
rekreasi di sin! ialah bermain, olahraga, kesenian (seni lukis,
seni musik, 'seni drama, seni kerajinan. dan seni yang lain)
kegiatan sosialJ .studi tour. outing, petualangan, berkemah.
dan kegiatan-kegiatan lain.
Selanjutnya, prpgram rekreasi yang komprehensif
hendaknya dapat memberikar. kesempatan yang Iuas kepada
semua' peserta dan" 'untuk segala usia. segala macam latar
belakang;, .dan "tninat· untuk berpartisipasi. Untuk itu semua,
maka .;.h~r~aknya .- ~egiatan tersebut dibawah bimbingan
seorang p~i:nbina rekrea,si/instrukturJ atau rang memiliki Jatar
belakang "y'ang '~~rriadai di bidang rekreasi serta didukung
oIeh keadaan yang kondusif untuk dapat memperoJeh kescnangan,
kebahagiaan/kepuasan. dan kernanfaatan.
kehidupan seseorang dcngan membe~ikan kesempatan kepada
setiap orang untuk ambil bp.giar!.lda:lp'-~ s,uatu kegiatan hingga
memungkinkan orang ter~~b~t cl':lpa,t, ~en~mukan tempat dan.
cara penyaluran untuk men'g.un·g~apkan :?egala keinginan, perasaan
(uneg-uneg), dan pote'ris"t':yang'dltnlliki sehingga memperoleh
kepuasan.
Mengenai kcpua$an ~tu sendiri dapat diperoleh
meIalui kegiatan petualan~~ri, k,e:.gi,at~n. berkelompok/berkawan
penguasaan keterampi1~m tertentu, karena dapat menikmati
keindahan. ,dan karena daya ciptanya berkembang.
Keeemuanya itu merupakan bekal menuju ke arah pencapaian
kesejahtera.an umat mam,J!5.i~~;~:M~lall;li, program rekreasi ini
seseorang dibantu .untuk., me!1gem!?flo"gkan potensi yang dimiliki
dan menumbuh'kan inif{at kuaJ untuk·da.pat memanfaatkan
waktu luang dengankiigiafan !ya:ng:'koh~tiuktif, menjadi warga
negara yang baik, 'perca..Ya· .did; ;dan har'ga diri.
Yang penting ;)y~tq~!,!disimak di, sini adalah bahwa
rekreasi. itu sen~iri pada;pas~rl')¥i1: ~et-ih merupakan pengalaOlan
yang b;erharga atau be..nilii"f yang didapat melalui program
rekreasi' yan'g diorganisasi da~ipada merupakan bentuk suatu
kegiatan tertentu. Program rckreasi tersebut dapat djorganisasi
atau direncanakan oleh sekolah, universitas, badan-badan
rekreasi masyarakat. daniatau sejenisnya. Termasuk kegiatan
rekreasi di sin! ialah bermain, olahraga, kesenian (seni lukis,
seni musik, 'seni drama, seni kerajinan. dan seni yang lain)
kegiatan sosialJ .studi tour. outing, petualangan, berkemah.
dan kegiatan-kegiatan lain.
Selanjutnya, prpgram rekreasi yang komprehensif
hendaknya dapat memberikar. kesempatan yang Iuas kepada
semua' peserta dan" 'untuk segala usia. segala macam latar
belakang;, .dan "tninat· untuk berpartisipasi. Untuk itu semua,
maka .;.h~r~aknya .- ~egiatan tersebut dibawah bimbingan
seorang p~i:nbina rekrea,si/instrukturJ atau rang memiliki Jatar
belakang "y'ang '~~rriadai di bidang rekreasi serta didukung
oIeh keadaan yang kondusif untuk dapat memperoJeh kescnangan,
kebahagiaan/kepuasan. dan kernanfaatan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9165
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.