ACfION RESEARCH: METODE PENGEMBANGAN DAN PARTISIPASI
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9127Abstract
Banyak kritik yang ditujukan terhadap metode penelitiankonvensional yang bersifat teoretis sepihak, kurang dapat
digunakan secara dekat dengan pembuatan kebijaksanaan dan
pengembangan program-program. bersifat memisahkan, dominasi,
dan opresif terhadap subjek yang diteliti. Metode penelitian
semacam ini tidak sesuai dengan pandangan humanistik
mengenai pendidikan dan pembangunan.
Action Research (penelitian aksi) muncul sebagai
metode pengem bangan komunitas lebih sesuai dengan pandangan
pendidikiiln dan pembangunan yang humanistik. Dalam
pandangan humanistik pendidikan dan pembangunan meletakkan
subjek sebagai pelaku aktif dalarn proses pendidikan atau
pembangunan. Penelitian harus dipandang sarna dengan pendidikan,
harus memperlakukan subjek yang diteliti sebagai
subjek yang aktif terlibat dalam proses penelitian terhadap
pcrmasalahan mcreka sendiri. Subjek yang diteJiti menjadi
partisipan dalam proses penelitian yang bersama peneliti.
akademisi melaksanakan kegiatan pengembangan dan penelitian.
Penelitian aksi mengandung dua aspek. yaitu peng€."lloJangan
komunitas dan partisipasi anggota komunitas dalam melaksanakan
pembangunan.
Dengan metode penelitian aksi mak.a subjek yang
diteJiti akan memperoleh manfaat secara langsung dari proses
penelitian dan hasilnya. proses penelitian menjadi proses
pendidikan bagi mereka dan hasilnya lebih langsung terkait
.dengan pemecahan masalah konkrit yang dihadapi sehingga
dapat langsung meningkatkan kondisi kehidupan mereka.
Penelitian aksi dapat dHakukan bagi pengembanganmasyarakat
secara makro. maupun bagi lembaga atau
organisasi secara mikro. Penelitian aksi dapat meningkatkan
kemampuan subjek yang diteliti menjadi penghasil Hmu
pengetahuan sehingga mereka bukan sekedar sebagai pelaksana
dari . teori yang diberikan oleh orang lain di luar praktik
yang dilakukan.
Downloads
Published
2016-05-11
How to Cite
Kuntoro, S. A. (2016). ACfION RESEARCH: METODE PENGEMBANGAN DAN PARTISIPASI. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9127
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.