KAJIAN ILMIAH TENTANG ILMU PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9125Abstract
Sebagian ahli pendidikan mengatakan bahwa ilmu pendidikanadalah penerapan ilmu-ilmu lain dalam praktek pendidikan.
Pendidikan hanyalah memanfaatkan hasil-hasil ailtropologi,
5Osiologi, dan psikologi. Dengan telaah yang lebih
dalam, kita temukan bahwa ilmu pendidikan sebagai ilmu
yang berdiri sendiri, memiliki obyek dan metode kajian yang
berbeda dengan ilmu-ilmu yang lain.
Untuk mengkaji sesuatu ilmiah atau bukan harus dikaitkan
denga tiga dasar keilmuan, yakni:: ontologis. epistemologis,
dan aksiologis. Ontologis berkaitan dengan oby~k, epistemologis
berkaitan dengan metode dan sistematikanya, dan
aksiologis berkaitan dengan kesejahteraan umat manusia.
neogan tiga dasar keilmuan di atas, ilmu pendidikan
memenuhi syarat sebagai ilmu yang berdiri sendiri, bukan
sebagai kumpulan dari ilmu-ilmu lain.
Downloads
Published
2016-05-11
How to Cite
Hendrowibowo, L. (2016). KAJIAN ILMIAH TENTANG ILMU PENDIDIKAN. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9125
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.