TEKNIK DELPHI SUATU PENDEKATAN DAtAM PERENCANAAN PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9124Abstract
Perencanaan pendidikan merupakan tahap awal dadaktivitas institusi pendidikan dan latihan yang harus dilakukan
pada saat yang tepat dan didukung oleh data yang akurat
sehingga program yang direncanakan dapat diimplementasikan
dengan baik dan dapat dicapai hasil yang optimal. Data yang
akurat hanya diperoleh dari orang yang mengetahui permasalahan
yang terkait dengan aktivitas organisasi, dengan
menggunakan instrumen yang benar, dan ditempuh melalui
pendekatan yang sesuai.
Dalam perencanaan pendidikan dapat dilaksanakan
dengan menggunakan pendekatan kualitatif. pendekatan kuantitatif,
dan pendekatah gabungan antara kualitatif dengan
kuantitatif"¢.Pendekatan kualitatif dicapai dengan menentukan
prakiraan keberhasilan dan proyeksi di masa yang akan
datang lewat musyawarah dan mufakat di antara para pakar.
Cara ini disebut Teknik Delphi. Penerapan Teknik Delphi
tampaknya sangat sesuai dengan pola berpikir bangsa Indonesia
yang mengan~t falsafah Pancasila, di mana makna pada
sila ke-4 adalah musyawarah uotuk mencapai mufakat dalam
menyelesaikan masalah.
Penerapan Teknik Delphi didasarkan pada 3 asumsi: (1)
pendapat beberapa orang secara konsensus lebih baik dan
lebih komprehensif daripada hanya pendapat seseorang; (2)
untuk memperoleh data yang akurat, para panel~s hendaknya
orang yang berpandangan luas tentang masa depan dan
mengetahui permasalahan yang terkait dengan tujuan organisasi;
(3) untuk memperoleh data yang bebas dari rancu, para
pakar diusahakan tidak saling berkomunikasi. Penggunaan
Teknik De1phi dapat dicapai 3 sasaran: (1) penentuan tujuan
lembaga; (2) penentuan jenis pertanyaan dalam instrumen
analisis ~ebutuhan; dan (3) penentuan persyaratan yang harus
dipenuhi dan formulasi strategi untuk mencapai tujuan.
Downloads
Published
2016-05-11
How to Cite
Soenarto, S. (2016). TEKNIK DELPHI SUATU PENDEKATAN DAtAM PERENCANAAN PENDIDIKAN. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9124
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.