PERAN KARYA SASTRA SESAGAI SAIZANA MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI ANAK

Wiyatmi Wiyatmi,

Abstract


Di sarnping kecerdasan intelektual. kccerdasan eniosionnl
jugs ~nc~iiilipkc~ra nan yang sangat penting bagi keberhasila~l
keh~dupan dan niasa depan seorang anak. Mengingat pentingnya
peranan kccerdasan eniosional bagi kehidupan anak, sejak usia dini
seorang anak harus dilatih untuk meningkatkan kecerdasan
emosinya. Sebagai model dari kehidupan yang memiliki hubungan
langsung niaupun tak langsung dengan reaiitas dalani dunia nyata,
karya sastra dapat dimanfaatkan sebagai salah satu sarana untuk
mengenibangkan kecerdasan e~nosain ak.
Tulisan ini niembahas peran karya sastra sebagai salah
satu sarana untuk mengembangkan kecerdasan emosi anak. Dengan
membaca knrya sastra, secara tidak langsung seorang anak
mendapatkan contoli bagaimana rnanusia dalarn alain nyata
mengenali. niengekspresikan. dan mengelola emosinya. serta
me~notivasdi iri dalam membinal~ubungand engan orang lain.
tlntuk ~iiencapa~p enga.iaran sastra yang lnalnpcl
mengembangkan kecerdasan emosi anak. ~naka anak dilibatkan
secara langsung dalam aktivitas membaca. menghayati.
menginterpretasika~~d,a n memahami karya sastra, dengan
mclibatkan c~nosinyn

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats