IMPLEMENTASI AUTHENTICASSE5;I~lENT . DALAM PEMBELAJARAN SAINSDILpr-rK DALAM RANGKA REFORMASI PENDIDlKAN
Abstract
Evaluasi hasil belajar merupakan bagian yang
tak terpisahkan dari kegiatan belajar. nlengajar.
Evatuasi hasil belajar
-ITIerupakan tolok ukur utanla
dalatTI penentuan kualitas proses betajar Inengajar di
lenlbaga-Ienlbaga pendidikan formal.
Sebagal bahatl ajar, saius 1l1CllllJUll.Yai lll'lSUI'"
unsur spesifik berupa produk sains, proses sains, dan
sikap sains, yang Inembedakannya dari disiplin ihnu
lainnya. Spesiikasi sains
ini - menuntut cara
penlbelajarannya yang spesifik pula. Konsekuensinya
adalah, teknik evaluasi hasil belajarnya selnestinya
menyesuaikan dengan Inodel pernbelajaran yang
dilangsungkan.
A1I1henlic assesf71enl dirasa sangat
cocok diterapkan sebagai alat evaluasi pada
perkuliahan/pelTIbelajaran sains. Dengan
alhentic
assesment, mahasiswa dievaluasi bukan saja dalamhal
penlahaman materi· perkuliahan, melainkan juga
dalalTI
hal tindakan dan karya-karya oyata _sebagai wujud dari
penlahamannya
atasmateri perkuliahan. Model
penilaian denlikian dirasa dapat
mengak0I110dasi
berbagai kelnalnpuan dan ketrampilan serta sikap
sains yang dikeillbangkan selalna
pelTIbelajaran
(perl·atllahan) sains.
LPTK sebagai lemabaga pencetak dan pembina
tenaga kependidikan,
sang-at berperan dalam
nlclnpelopori pcnataan sistem evaluasi dalanl rangka
retornlasi pendidikan. Implementasi
authentic
a.\·seslnen( dalanl perkuliahan, khususnya dalalTI
bidang sains, 111erupakan alternarif cara penataan
sistenl evaluasi. Pada
ITIUaranya, diharapkan sistetTI
pendidikan kita, termasuk di SD, SLTP, dan SLTA
malTIpU InengelTIbangkan kamapuan, keterampilan,
dan sikap-sikap sains pada seluruh subyek belajar, dan
sekaligus Illenghargai berbagai kemalnpuan subyek
belajar
ini melalui implemenatsi teknik evaluasi ya~g
tepat
tak terpisahkan dari kegiatan belajar. nlengajar.
Evatuasi hasil belajar
-ITIerupakan tolok ukur utanla
dalatTI penentuan kualitas proses betajar Inengajar di
lenlbaga-Ienlbaga pendidikan formal.
Sebagal bahatl ajar, saius 1l1CllllJUll.Yai lll'lSUI'"
unsur spesifik berupa produk sains, proses sains, dan
sikap sains, yang Inembedakannya dari disiplin ihnu
lainnya. Spesiikasi sains
ini - menuntut cara
penlbelajarannya yang spesifik pula. Konsekuensinya
adalah, teknik evaluasi hasil belajarnya selnestinya
menyesuaikan dengan Inodel pernbelajaran yang
dilangsungkan.
A1I1henlic assesf71enl dirasa sangat
cocok diterapkan sebagai alat evaluasi pada
perkuliahan/pelTIbelajaran sains. Dengan
alhentic
assesment, mahasiswa dievaluasi bukan saja dalamhal
penlahaman materi· perkuliahan, melainkan juga
dalalTI
hal tindakan dan karya-karya oyata _sebagai wujud dari
penlahamannya
atasmateri perkuliahan. Model
penilaian denlikian dirasa dapat
mengak0I110dasi
berbagai kelnalnpuan dan ketrampilan serta sikap
sains yang dikeillbangkan selalna
pelTIbelajaran
(perl·atllahan) sains.
LPTK sebagai lemabaga pencetak dan pembina
tenaga kependidikan,
sang-at berperan dalam
nlclnpelopori pcnataan sistem evaluasi dalanl rangka
retornlasi pendidikan. Implementasi
authentic
a.\·seslnen( dalanl perkuliahan, khususnya dalalTI
bidang sains, 111erupakan alternarif cara penataan
sistenl evaluasi. Pada
ITIUaranya, diharapkan sistetTI
pendidikan kita, termasuk di SD, SLTP, dan SLTA
malTIpU InengelTIbangkan kamapuan, keterampilan,
dan sikap-sikap sains pada seluruh subyek belajar, dan
sekaligus Illenghargai berbagai kemalnpuan subyek
belajar
ini melalui implemenatsi teknik evaluasi ya~g
tepat
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.8997
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.