PEMBINAAN GENERASI MUDA DAN MASYARAKArr MADANI
Abstract
Ada berbagai 1l1asalah yang nlengerubuti
pembinaan sunlber
daya insani (SOl) dalam tubuh
bangsa Indonesia terutama untuk generasi muda.
Metnang telah ada upaya-upaya pemerataan
pendidikan dan bagaimana puteraJputeri berpotensi
dididik secara tepat dan baik. Namun demikian fakta
yang tanlpak
111asih tertuju pada keunggulan kognitif
dan psikonl0tor yang bersifat verbal, fiskal,
dan
dangkal. Aspek etnosional, kreativitas, spiritual dan
moral belum tergarap lebih intensif.
Hal ini terbukti
dari
scjul11lah kasus perilaku sebagian tnasyarakat kita
yang tidak relevan dengan peradaban bangsa kita.
[)alanl memasuki era global terutama dalam
masyarakat nladani
kine~ja yang telah tampak dewasa
ini masih jauh dari harapan. Sudah pada tempatnya
j ika harus ada upaya reformasi nlulai .dari redefinisi
dan reorientasi fi losofi pendidikan sampai pada
segenap aspek lainnya dalam pendidikan
kita,
terutalna dalanl nlcmasuki era gJobalisasi yang di
11~ I~nlln\/:.l .. VA ....&'-4...,'L4 .. sosok masyarakat tnadan i. Hal itu
nlakin tidak ringan dengan realisasi otonomi dalam
segala bidang ternlasuk dalam dunia pendidikan
karena keterbatasan kualitas SOl pada sejumlah
wilayah
di Nusantara inL Sistem pendidikan kita harus
manlpu Inewujudkan adanya kemerdekaan, persamaan
dan keadilan (tegaknya hukum) dalam arti yang
sebenarnya dan tidak
bolch tidak upaya pembinaan itu
terintegrasi dalam tiga pusat pendidikan (termasuk di
dalanlnya pendidikan kcluarga / pendidikan luar
sekolah) secara
harnl0nis dan berkesinanlbungan
pembinaan sunlber
daya insani (SOl) dalam tubuh
bangsa Indonesia terutama untuk generasi muda.
Metnang telah ada upaya-upaya pemerataan
pendidikan dan bagaimana puteraJputeri berpotensi
dididik secara tepat dan baik. Namun demikian fakta
yang tanlpak
111asih tertuju pada keunggulan kognitif
dan psikonl0tor yang bersifat verbal, fiskal,
dan
dangkal. Aspek etnosional, kreativitas, spiritual dan
moral belum tergarap lebih intensif.
Hal ini terbukti
dari
scjul11lah kasus perilaku sebagian tnasyarakat kita
yang tidak relevan dengan peradaban bangsa kita.
[)alanl memasuki era global terutama dalam
masyarakat nladani
kine~ja yang telah tampak dewasa
ini masih jauh dari harapan. Sudah pada tempatnya
j ika harus ada upaya reformasi nlulai .dari redefinisi
dan reorientasi fi losofi pendidikan sampai pada
segenap aspek lainnya dalam pendidikan
kita,
terutalna dalanl nlcmasuki era gJobalisasi yang di
11~ I~nlln\/:.l .. VA ....&'-4...,'L4 .. sosok masyarakat tnadan i. Hal itu
nlakin tidak ringan dengan realisasi otonomi dalam
segala bidang ternlasuk dalam dunia pendidikan
karena keterbatasan kualitas SOl pada sejumlah
wilayah
di Nusantara inL Sistem pendidikan kita harus
manlpu Inewujudkan adanya kemerdekaan, persamaan
dan keadilan (tegaknya hukum) dalam arti yang
sebenarnya dan tidak
bolch tidak upaya pembinaan itu
terintegrasi dalam tiga pusat pendidikan (termasuk di
dalanlnya pendidikan kcluarga / pendidikan luar
sekolah) secara
harnl0nis dan berkesinanlbungan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.8996
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.