PENGAJARAN DAN EVALUASI BIDANG STUDIIPA 01 SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8909Abstract
Tahun 1986 berlaku kurikulum Sekolah Dasar yang disempurnakan,yang mengutamakan pendekatan keterampilan
proses. Keterampilan proses dalam bidang studi IPA mengembangkan
kemampuan dalam ranah kognitif, ranah psikomotor
dan ranah afektif. Pemerintah telah berusaha rnelengkapi
sarana pendidikan beripa kit IPA agar terlaksana tujuan
bidang studi IPA di Sekolah Dasar. Evaluasi bidang studi IPA
di Sekolah Dasar yang berupa tes hasil belajar (THB), ~an
evaluasi belajar tahap akhir nasional (EBTANAS), sernuanya
hanya mengukur kemampuan dalam ranah kognitif. EBTANAS
dijadikan standar untuk memasuki jenjang pendidikan· yang
lebih tinggi. Timbul kesenjangan antara tujuan pengajaran
IPA yang dicapai melalui pendekatan keterampilan proses dan
evaluasi iPA. Agar kesenjangan ini tidak berkepanjangan,
perlu adanya evaluasi yang mengukur kemampuan dalam
ranah kogniti~, psikomotor maupun ranah afcktif.
Downloads
Published
2016-05-04
How to Cite
Bandiyah, B. (2016). PENGAJARAN DAN EVALUASI BIDANG STUDIIPA 01 SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8909
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.