POSISI MEDIA INSTRUKSIONAL SEBAGAI KOMPONEN SISTEM PENGAJARAN SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.8905Abstract
Pemanfaatan mediq instruksional dalam proses belajarmengajartelah me~galami perkembangan cukup berarti, dari
hanya sekedar sebagai alat peraga hingga pembawa dan
penyebar informasi, serta" pada fase perkembangan terakhir
menjadi variabel pemicu meningkatkan motivasi belajar."
. Peranannya sebagai pembentuk aspek kognitif, afektif, dan
..psikomotorik telah banyak terbukti melalui penelitian empi-
.. rik. .. .
Namuri demikian, hingga saat ini media instruksional
masih belum ditempatkan sebagai salah satu komponen sistem
pengajaran sekolah sehingga pemanfaatannya belum secara
optimal dalam aktivitas belajar-mengajar. Adanya kecenderungan
verbalisme dalam proses belajar-mengajar yang
dewasa ini sering disebut-sebut sebagai salah satu penyebab
utama rendahnya kreativitas siswa, boleh jadi salah satu
faktor penyebabnya adalah belum dimanfaatkannya media
instruksional tersebut secara optimal. .
Oleh karena itu, menempatkan posisi media instruksional
sebagai komponen sistem pengajaran sekolah, diharapkan
merupakan tawaran alternatif permasalahan tersebut. Tulisan
ini berusaha memberikan pertanggungjawaban secara logis,
mengapa media instruksional patut dipertimbangkan untuk
menjadi salah satu komponen sistem pengajaran sekolah
dalam upaya optimalis~si pencapaian tujuan .belajar.
Downloads
Published
2016-05-04
How to Cite
Wahyono, S. B. (2016). POSISI MEDIA INSTRUKSIONAL SEBAGAI KOMPONEN SISTEM PENGAJARAN SEKOLAH. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.8905
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.