PENGAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI MEDIA, ' PENGEMBANGAN BUDAYA PROGRESIF
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8790Abstract
Demi tercapainya keadaan yang lebih maju,·diperh,.lkanpandangan baru yang berakar p~da pemahaman manusia
seca.ra utuh dan mendalam. Dengan demikian, masalah-masa-'
lah global dapat diaiasi secara mendasar sehingga timbul
tanggung jawab dan kegotongroyongan sosial budaya. Kete'"
rampiIan .mena'nggulangi, dan mengatasi masalah periu dikem- .
bangkan lewat jalur pendidikan, yakni lewat;, isi dan proses
kegiatan belajar":mengajar setiap bidang studio Memp.ertlmbangkan'
adanya hubungan poIigenik dan ontogenik 'antara
bahasa dan kebudayaan. pengembangan budaya progresif, yang.
. salah satu cirinya adalah berkembangnya nilai teoretis ilmu.
dapat diIaksanakan melalui isi. dan proses pengajaran Bahasa
Indonesia. Pengajaran Bahasa Indonesia dengan st1'ategi pem"ecahan
masalah kiranya tepat untuk tujuan pengembangan
budaya p1'ogresif. Penggunaan strategi ini 'mernberikan
peluang yang sangat besar kepada pelajar untuk mengembangkan
keterampiIan be1'bahasa dan .keterampilan memeca,hkan
masalah.
Downloads
Published
2016-04-26
How to Cite
Zuchdi, D. (2016). PENGAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI MEDIA, ’ PENGEMBANGAN BUDAYA PROGRESIF. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8790
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.