PENDIDIKAN NILAI DALAM SISTEM PERSEKOLAHAN DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8789Abstract
Masalah nilai universal kemanusiaan yang menonjolsaat ini, antara lain perdamaian, keadiIan,· kebebasan, solidaritas,
penderitaan, dan kemiskinan rakyat keeil melanda
kehidupan manusia terutama bagi negara-negara Dunia Ketiga
termasuk Indonesia. Bahaya materialisme dad konsumerisme
segagai dampak mengerikan dad kemajuan sains dan teknoJogi
modern menimbuJkan keutuhan manusia menjadi semu.
akhlak manusia menjadi merosot.
SekoJah sebagai salah satu lembaga pendidikan, bertugas
menge!Jlbangkan dan menumbuhkan kemampuan rohani
manusi, daya penilaian yang benar, kesadaran akan niJai,
meneruskan warisan budaya manusia, di samping tugas pokokoya
menyiapkan anak didik untuk hidup. .
Para pendidik menyadari bahwa perlu ditumbuhkan
terus menerus para peserta didik kesadaran akan nilai yang
dapat meridasari mereka menjadi pribadi yang rnatang,
mandiri dalam situasi yang terus menerus berubah dengan'
eepat di mana kemandirian ini merupakan wujud penghayatan
se.rta pengamalan terhadap nilai-nilai yang dianut.
Downloads
Published
2016-04-26
How to Cite
Hs, J. I. (2016). PENDIDIKAN NILAI DALAM SISTEM PERSEKOLAHAN DI INDONESIA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8789
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.