PENDEKATAN TERMODINAMIKA SUATU ALTERNATIF MENGAJARKAN KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8779Abstract
Semua proses yang terjadi di alam ini bertendensi untukmemperoleh kestabilan yang maksimum, yaitu' suatu keadaan
kesetimbangan. Suatu aspek p~nting dalam kesetimbangan
adalah kedudukan kesetimbangan. Kedudukan kesetimbangan
menentukan jumlah hasil reaksi yang' dapat diperoleh secara
kuantitatif.
Pendekatan kinetika untuk mengajarkan kesetimbangan:
kimia kurang berhasil menjelaskan beherapa konsep' maupun
prinsip kesetimbangan. secara kuantitatif. Pendekatan ini
memang .cukup berhasil untuk menjelaskan hal-hal yang kualitatif.
Sedangkan pendekatan termodinamika dapat menjelaskannya
dengan cukup mtidah. Dengan pendekatan termodina- .
mika, dibutuhkan kesiapan matematika yang lebih mapan,
sebab pendekatan ini menggunakan alur berfikir secara matematis.
Downloads
Published
2016-04-26
How to Cite
Gultom, T. (2016). PENDEKATAN TERMODINAMIKA SUATU ALTERNATIF MENGAJARKAN KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8779
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.