PENDEKATAN TERMODINAMIKA SUATU ALTERNATIF MENGAJARKAN KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA

Authors

  • Togu Gultom

DOI:

https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8779

Abstract

Semua proses yang terjadi di alam ini bertendensi untuk
memperoleh kestabilan yang maksimum, yaitu' suatu keadaan
kesetimbangan. Suatu aspek p~nting dalam kesetimbangan
adalah kedudukan kesetimbangan. Kedudukan kesetimbangan
menentukan jumlah hasil reaksi yang' dapat diperoleh secara
kuantitatif.
Pendekatan kinetika untuk mengajarkan kesetimbangan:
kimia kurang berhasil menjelaskan beherapa konsep' maupun
prinsip kesetimbangan. secara kuantitatif. Pendekatan ini
memang .cukup berhasil untuk menjelaskan hal-hal yang kualitatif.
Sedangkan pendekatan termodinamika dapat menjelaskannya
dengan cukup mtidah. Dengan pendekatan termodina- .
mika, dibutuhkan kesiapan matematika yang lebih mapan,
sebab pendekatan ini menggunakan alur berfikir secara matematis.

Downloads

Published

2016-04-26

How to Cite

Gultom, T. (2016). PENDEKATAN TERMODINAMIKA SUATU ALTERNATIF MENGAJARKAN KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8779