PENDEKATAN TERMODINAMIKA SUATU ALTERNATIF MENGAJARKAN KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA

Togu Gultom,

Abstract


Semua proses yang terjadi di alam ini bertendensi untuk
memperoleh kestabilan yang maksimum, yaitu' suatu keadaan
kesetimbangan. Suatu aspek p~nting dalam kesetimbangan
adalah kedudukan kesetimbangan. Kedudukan kesetimbangan
menentukan jumlah hasil reaksi yang' dapat diperoleh secara
kuantitatif.
Pendekatan kinetika untuk mengajarkan kesetimbangan:
kimia kurang berhasil menjelaskan beherapa konsep' maupun
prinsip kesetimbangan. secara kuantitatif. Pendekatan ini
memang .cukup berhasil untuk menjelaskan hal-hal yang kualitatif.
Sedangkan pendekatan termodinamika dapat menjelaskannya
dengan cukup mtidah. Dengan pendekatan termodina- .
mika, dibutuhkan kesiapan matematika yang lebih mapan,
sebab pendekatan ini menggunakan alur berfikir secara matematis.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8779

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats