PENDEKATAN TERMODINAMIKA SUATU ALTERNATIF MENGAJARKAN KESETIMBANGAN KIMIA DI SMA
Abstract
Semua proses yang terjadi di alam ini bertendensi untuk
memperoleh kestabilan yang maksimum, yaitu' suatu keadaan
kesetimbangan. Suatu aspek p~nting dalam kesetimbangan
adalah kedudukan kesetimbangan. Kedudukan kesetimbangan
menentukan jumlah hasil reaksi yang' dapat diperoleh secara
kuantitatif.
Pendekatan kinetika untuk mengajarkan kesetimbangan:
kimia kurang berhasil menjelaskan beherapa konsep' maupun
prinsip kesetimbangan. secara kuantitatif. Pendekatan ini
memang .cukup berhasil untuk menjelaskan hal-hal yang kualitatif.
Sedangkan pendekatan termodinamika dapat menjelaskannya
dengan cukup mtidah. Dengan pendekatan termodina- .
mika, dibutuhkan kesiapan matematika yang lebih mapan,
sebab pendekatan ini menggunakan alur berfikir secara matematis.
memperoleh kestabilan yang maksimum, yaitu' suatu keadaan
kesetimbangan. Suatu aspek p~nting dalam kesetimbangan
adalah kedudukan kesetimbangan. Kedudukan kesetimbangan
menentukan jumlah hasil reaksi yang' dapat diperoleh secara
kuantitatif.
Pendekatan kinetika untuk mengajarkan kesetimbangan:
kimia kurang berhasil menjelaskan beherapa konsep' maupun
prinsip kesetimbangan. secara kuantitatif. Pendekatan ini
memang .cukup berhasil untuk menjelaskan hal-hal yang kualitatif.
Sedangkan pendekatan termodinamika dapat menjelaskannya
dengan cukup mtidah. Dengan pendekatan termodina- .
mika, dibutuhkan kesiapan matematika yang lebih mapan,
sebab pendekatan ini menggunakan alur berfikir secara matematis.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8779
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.