BERPUaR LATERAL: WAHANA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPUaR KREATIF
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v1i2.8722Abstract
Sejak kita menyadari bahwa pendidikan yang hanya meningĀkatkan kemampuan
untuk. menyerap materi pelajaran~ dan daya
serap sebagai kriteria ketercapaian target pendidikan, maka disadari
pula bahwa cara ini tidak akan membawa bangsa Indonesia menjadi
bangsa yang besar.
Di dalam era perkembangan teknologi yang pesat
peserta didik tidak cukup hanya dibekali keterampilan dan
pengetahuan saja tanpa secara sengaja mengembangkan kemampuan
berpikir. Perkembangan teknologi yang pesat menuntut kemampuan manusia untuk beradaptasi dengan kemajuan itu, dan kemampuan
berpikirlah yang
akan menentukan kemampuan adaptasi tersebut.
Pentingnya masalah berpikir telah lama menjadi perhatian para
filosof. Aristoteles misalnya menggunakan istilah
"thinking
capacity"
(kapasitas berpikir) '\Intuk memberikan atribut tentang
manusia. Descartes juga membedakan antara barang dengan manusia
dengan memberikan istilah
"that which thinks" bagi manusia, seperti
yang dikatakan oleh Robert Thomson (1962) dalam bukunya "The
Psychology
ofThinking".
Downloads
Published
2016-04-25
How to Cite
Pardjono, P. (2016). BERPUaR LATERAL: WAHANA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPUaR KREATIF. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.21831/cp.v1i2.8722
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.