BIMBINGAN PERILAKU PROSOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.8700Abstract
Manusia adalah satu-satunya makhluk di dunia ini yang dapat berpikir,tetapi apabila pikiran-pikiran itu berjalan demikian saja karena asosiasi tanpa
pengarahan dan pengontrolan yang sadar, pikiran-pikiran semacam itu hanyalah
perbuatan manusia (an act of a man, aCtus hominis) bukannya perbuatan
manusiawi (human "act, actus hum~nu5), yaitu perbuatan yang dikuasai olch
manusia, yang secara sadar di bawah pengoritrolannya dan dengan sengaja
dikehendakinya, si pelaku bertanggung jawab atas perbuatan tersehut. Salah
satu manifestasi actus hpmanus adalah perilaku prososial, yaitu per-ilaku yang
memherikan keuntungan bagi orang lain, memiliki akibat positif, yang bermanfaat
bagi kesejahteraan fisik, psikis orang lain. Faktor situasional akan mengantarkan
seseorang ke dalam .dinamika perilaku prososial. Interaksi, yang
dalam pelaksanaannya orangtua memperlakukan anaknya secara. demokratik,
menjelaskan .permasalahannya, mendiskusikan perilaku yang dikehendaki di
samping melalui pendidikan formal dengan cara pendekatan kognitif, tentu
akan membantu mengkualifikasikan perilaku yang dikehendaki. Penanaman
disiplin yang baik melalui keluarga dan sekolah, lambat laun berpengaruh
dalam kematangan peran serta akan menumbuhkan perilaku prososial di mana
si pelaku diharapkan memiliki pertimbangan sosial yang baik.
Downloads
Published
2016-04-25
How to Cite
Hs., J. I. (2016). BIMBINGAN PERILAKU PROSOSIAL. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.8700
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.