KONTEKSDALAMPEMBELAJARANBAHASAINDONESIA MENUJUMASYARAKATGLOBAL*)

Darmiyati Zuchdi,

Abstract


budaya,minidrama,konotasikultural,studiartifak,dan penggunaanungkapansertaceritahumor. secaraluas,(2)situasipembelajaranyangkontekstual,dan sehinggameningkatkanpemahamanialah:(1) pengetahuankebahasaan,(2)pengetahuantentangkonsep- PembelajaranbahasaperiudisesuaikandenganIatar belakangpembelajar,sehinggadapatdikembangkan Katakunci:pembelajaranbahasa,peranankonteks, pembelajaranterpadu,perspektifglobal. penggunaanpenuturasli,rekamanaudiodanvideo, penggunaanbacaandanrealia,.kapsulbudaya,asimilator diidentifikasiolehNostrandapatdimanfaatkanolehguru. Teknikpembelajarannyadapatberbentukceramah, intemasional.Tujuanpembelajaranbudayayangtelah dirumuskanolehSeelyedantema-temabudayayangtelah pemahamanantarbudayadalamprogrampembelajaran bahasasangatlahjelas,baiksecaranasionalmaupunsecara pembelajaranbahasa.Padadewasainikebutuhanakan tanggungjawabyangbesarpadapengembangan (3)hubunganantarketerampilanberbahasayangmaksimal. Pengembanganperspektifglobaldapatdilakukanlewat yanglain(contentbasedinstruction).Tigaprinsipuntuk mencapaiketerpaduanyaitu:(1)keefektifankomunikasi yangbermaknadanmelibatkanpenggunaanbahasadalam tataranwacana,seharusnyadipadukandenganbidangstudi konsep,dan(3)pengetahuantentangstrukturwacana. Supayapembalajaranbahasaterjadidalamkonteks Dalamprosespemahaman,tigamacampengetahuanyang potensialuntukmenggerakkanstrukturkognitifpembelajar apabilapembelajarannyabermakna,yaitumemiliki hubunganyangjelasdenganpengetahuanpembelajar. bentukkeyangterfokuspadamakna.' Belajarbahasadapatefektifdanhasilnyatahanlama, prakomunikatifdankomunikatif,dariprosesberbahasa yangterkontrolkeyangotomatis,dariyangterfokuspada gramdenganpendekatananalitikdaneksperiensial. Praktikpenggunaanbahasaberwujudkegiatan kecakapanberbahasasecarakontekstual.Pengembangan kecakapanberbahasahendaknyaberbentukprogram-pro-

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats