PEMAHAMAN HASIL PENELITIAN PERMAINAN TRADISIONAL DARI PERSPEKTIF TEORI BERMAIN DALAM PENDIDIKAN PRASEKOLAH

Authors

  • Mardiati Busono

DOI:

https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8628

Abstract

belajar jangan dikotak-kotakkan, 4) motivasi intrinsik, 5) disiplin diri, .6) masa kepekaan khusus, 7) awal pendidikan sekarang: 1) masa anak-anak merupakan identitas tersendiri, 2) anak hams dipandang secara holistik, 3) prasekolah (Froebel, Montessori, Steiner) terdiri atas 10 hal, yang masih pula dianut oleh para pakar sampai tua anak dan para guru TK (kindergarten). Kata kunci : Bermain; Pendidikan Prasekolah. Apa yang dipaparkan di atas· dapat .dipergunakan sebagai sarana untuk memberikan bimbingan kepada orang 10 prinsip seperti yang tertera di atas dan hanya fokus permainan yang berbeda .. Penelitian Suharsimi Arikunto tentang pennainan anak di Jawa, bila dikaji dengan teliti, maka mengandung pula Ahli-ahli yang menyoroti soal bermain antara lain adalah: Froebel, Motessori, Steiner, Piaget dan Vigotsky. din, apa yang dapat dilakukan anak, inner life, dan interaksi dengan lingkungan (orang, barang, tempat, dan peristiwa). lingkungan. Bermain terkandung dalam 10 prinsip tersebut, antara lain mengenai motivasi intrinsik, disiplin pada apa yang dapat anak lakukan, 8)-anak memiliki inner life, 9) interaksi dengan orang, 10) interaksi dengan anak-anak sebagai karunia, 3) komitmen untuk mengembangkan anak. ' Prinsip-prinsip pendidikan pengetahuan dan daya cipta. Untuk mendidik anak hams dilandasi dengan: 1) kecintaan terhadap anak, 2) pengertian Pendidikan prasekolah (PP No. 27 Th. 1990) bertujuan meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, Abstrak

Downloads

Published

2016-04-21

How to Cite

Busono, M. (2016). PEMAHAMAN HASIL PENELITIAN PERMAINAN TRADISIONAL DARI PERSPEKTIF TEORI BERMAIN DALAM PENDIDIKAN PRASEKOLAH. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8628