MEMBACA SASTRA ANAK: PENGANTAR PEMAHAMAN DUNIA ANAK
Abstract
Buku-buku sejarah sasatra yang ada selama ini telah berbuat tidak adil. paling tidak ada dua kelompok karya sastra yang selama ini hampir (untuk mengatakan tidak sama sekali) tidak pernah dibicarakan, yaitu sastra anak dan sastra remaja. Akibatnya, pembelajaran sastra di sekolah, khususnya SMP dan SMA sastra anak dan remaja hampir tidak pernah dibahas. Artinya, pembelajaran sastra di sekolah dapat dikatakan belum kontekstual. Padahal, dalam realitas nyata sehari-harinya anak SD sampai SMA di sela-sela belajarnya banyak mengkonsumsi sastra anak dan remaja, mulai dari komik Crayon Sinchan, Detektif Conan, Mickey Mouse, Barbie, Bobo, sampai Harru Potter.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i2.8519
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.