PERKEMBANGAN KEMAMPUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) CALON GURU BIOLOGI PADA PENDEKATAN KONKUREN

Authors

  • Yenny Anwar
  • Nuryani Y. Rustaman
  • Ari Widodo
  • Sri Redjeki

DOI:

https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.8251

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tahap perkembangan kemampuan PCK calon guru biologi yang mengikuti program konkuren. Perkembangan PCK diteliti selama  satu tahun setelah melalui semester ganjil dan praktik mengajar, dengan menggunakan metode Cross-sectional study. Data dikumpulkan dari CoRe dan PaP-eRs yang dibuat calon guru dan hasil wawancara. Sebagai data tambahan pelaksanaan pembelajaran oleh calon guru juga diobservasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif  menggunakan desain konkuren triangulasi (concurrent triangulation design). Hasil penelitian menunjukkan   Kemampuan PCK calon guru biologi yang mengikuti program pendidikan guru pada pendekatan konkuren mengalami peningkatan secara bertahap dari waktu ke waktu, mulai dari pra PCK menjadi growing PCK.  Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perkembangan PCK calon guru ini bersifat kontinum, bertahap sesuai proses pada tiap tahapan.

           

Kata Kunci: Pendidikan Guru Biologi, Pedagogical Content Knowledge (PCK),      Pendidikan  Guru Konkuren, Calon Guru Biologi

Downloads

Published

2016-10-27

How to Cite

Anwar, Y., Rustaman, N. Y., Widodo, A., & Redjeki, S. (2016). PERKEMBANGAN KEMAMPUAN PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PCK) CALON GURU BIOLOGI PADA PENDEKATAN KONKUREN. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35(3). https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.8251