IMPLEMENTASI BAHAN AJAR IPA BERBASIS INKUIRI DALAM DIKLAT INKUIRI BERJENJANG
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.8072Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengimplementasikan bahan ajar IPA berbasis inkuiri dalam Diklat inkuiri berjenjang yang meliputi jenjang dasar dan jenjang lanjut. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengambilan data dilakukan pada bulan Agustus sampai Oktober 2014 terhadap 36 guru IPA dari sembilan SMP yang dipilih secara purposive sample. Instrumen untuk pengambilan data mengunakan lembar observasi pembelajaran dan pedoman wawancara. Hasil menunjukkan bahwa bahan ajar IPA berbasis inkuiri yang diimplementasikan dalam Diklat inkuiri berjenjang telah mendukung pemikiran dan pertanyaan kritis karena pembelajaran menekankan pada proses penyelidikan yang difasilitasi melalui kegiatan yang bervariasi. Pembelajaran juga menekankan pada prinsip pemahaman materi yang dipelajari. Bahan ajar membantu guru memenuhi kebutuhan sumber belajar dan meningkatkan kepercayaan diri untuk membimbing siswa dalam proses pembelajaran IPA berbasis inkuiri.
Kata Kunci: bahan ajar IPA berbasis inkuiri, pendidikan dan pelatihan, inkuiri berjenjang
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.