BEBERAPA PROBLEM PENDIDIKAN DAN MAKNANYA BAGI ARAH PENGEMBANGAN SEKTOR PENDIDIKAN DI FPMIPA
Abstract
Selama ini perencanaan pengembangan fakultas lebih ditekankan pada proyeksi kebutuhan yang bersifat kuantitatif. Di samping itu, perencanaan dirumuskan secara linier didasarkan pada keadaan internal dari sualu fakultas, bahkan lebih sempit lagi sangat berorientasi pada urusan fisik termasuk perlengkapan belajar mengajar. Orientasi di atas, sering tidak didasari oleh kepentingan tuntutan pengembangan proses be1ajar-mengajar untuk merespon perubahan-perubahan yang berkaitan dengan tantangan pendidikan. Dalam tulisan ini. dikemukakan 12 macam faktor aktual yang secara langsung atau tidak langsung merupakan tantangan untuk ditanggapi dalam perencanaan pengembangan suatu fakultas, khususnya di FPMIPA.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7592
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.