ASPEK DEVIATIF DALAM SAJAK INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7562Abstract
Tujuan pengajaran sastra di sekolah dan terutama di perguruan tinggi pada akhirnya harus ditekankan pada kemampuan siswa atau mahasiswa untuk menapresiasi sastra. Untuk mencapai tujuan itu sistem pengajaran tidak cukup hanya secara teoritis dan historis. Kedua hal tersebut memang penting, namun bukan satu-satunya cara yang harus ditempuh. Keduanya barulah merupakan modal dasar untuk mencapai tujuan berikutnya, yaitu daya menapresiasi sastra. Itulah sebabnya dalam pengajaran sastra pemberian bahan yang bersifat membantu atau sarana untuk keperluan apresiasi.
Pengajaran sastra yang berkadar apresiatif di samping hal pemilihan bahan tidak semata-mata bersifat teoritis dan historis, harus senantiasa melibatkan mhasiswa untuk berlatih dan bergaul secara langsung dengan karya sastra. Akan tetapi, hal itu belum dilaksanakan sebagaimana mestinya karena berbagai alasan, antara lain kurangnya kemampuan para pengajar sastra itu sendiri
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.