BELAJAR KELOMPOK DALAM PROGRAM PENDIDIKAN NONFORMAL

Mulyani A. Nurhadi,

Abstract


Pada akhir-akhir ini berkembang gejala bahwa pada umumnya program pendidikan nonformal cenderung diselenggarakan dalam format belajar-kelompok melalui kelompok-kelompk kecil. Pendekatan melalui kampanye massal dan pendekatan klasikal sudah mulai banyak ditinggalkan oleh para praktisi, termasuk kecenderungan yang sedang berkembang di Indonesia.

Sehubungan dengan ini Hanson menjelaskan bahwa pendekatan belajar-kelompok ini banyak dipilih bukan hanya karena dapat dipergunakan sebagai alat terapi, tetapi juga dapat dipergunakan secara efektif untuk kepentingan usaha perubahan sikap dan tingkah laku melalui program-program latihan baik dalam bidang pembangkitan motivasi, pengambilan keputusan, pemecahan maslah, managemen untuk mengatasi konflik dan kepemimpinan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats