MENJAJAGI KERANGKA DASAR PENELITIAN KURIKULUM

Iksan Waseso,

Abstract


Dalam usaha pengembangan kurikulum, pertanyaan pertama yang timbul ialah kerangka dasar apa yang dipakai, teori yang mana yang sesuai, agar jelas rasional kurikulum itu, dan dengan demikian akan menolong memudahkan menterjemahkan tuntutan-tuntutannya ke dalam program pendidikannya di sekolah. Namun selalu yang terdengar ialah bahwa kurikulum belum mempunyai teori yang mantap, kurikulum adalah praktikalitas, kurikulum adalah lebih bersifat seni daripada sebagai disiplin ilmu. Sebenarnya yang terdengar itu merupakan salah satu pencerminan pendekatan pandangan kurikulum tertentu saja yang tidak mau menampakkan kedirian teori ilmunya.

Sementara itu saran yang kuat ialah agar dalam mengem bangkan kurikulum hendaknya secara ilmiah, melalui prosedur eksperimen, yang berarti menuntut kerangka dasar konsep kurikulum yang jelas, dan menetapi syarat-syarat prosedur penelitian ilmiah.

Nampaknya para pengaju saran itu memegangi pengartian dan pendirian yang berbeda secara dasar, yang dalam makalah ini akan dicoba mengetengahkan secara garis besarnya, beberapa kerangka dasar berfikir dalam "disiplin" kurikulum yang kiranya akan membantu mengenali dasar perbedaan itu.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.7521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats