ARTI PENTING VERIFIKASI DAN DIAGNOSIS MASALAH DALAM PERENCANAAN PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.7438Abstract
Identifikasi dan analisis masalab merupakan tahapan paling awal dari seluruhrangkaian proses perencanaan. Tahapan ini merupakan tahapan yang paling penting. tetapi kerap kali tidak mampu dilakukan dengan book yang di:sebabkan oleh dua faktor pokok, yakni data dan inforrnasi yang diperlukan tidak tersedia sesuai dengan keperluan. dan ketidakmampuan perencanaan melakukan iden~fikasi dan analisis masalah dengan baik. Mengidentifikasi masalah berarti mengenali dan mencatat segala sesuatu yang dipandang rnerupakan masalah, sedangkan menganalisis masalah berarti melakukan verifikasi, yakni menguji apakah yang dianggap sebagai masalah itu benar-benar merupakan masalah yang sebenarnya dan mendesak uotuk dipecahkan, dan melakukan diagnosis, yakni rnengenali faktor faktor penyebab timbulnya masalah. Dapat terjadi perencana langs"uog menentukan berbagai altematif pemecahan masalah tanpa melakukan verifikasi dan diagnosis yang cermat terhadap masalahnya itu sendiri. Lalu, apa sebenarnya yang bisa dinamakan sebagai masalah dalam pendidikan itu. bagairnana menemukannya, mengujinya, dan mendiagnosisnya? "Dan kenapa pula verifikasi dan diagnosis masalah itu sedemikian penting artinya dalam perencanaan pendidikan?
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.