ARTI PENTING VERIFIKASI DAN DIAGNOSIS MASALAH DALAM PERENCANAAN PENDIDIKAN

Tatang M. Amirin,

Abstract


Identifikasi dan analisis masalab merupakan tahapan paling awal dari seluruhrangkaian proses perencanaan. Tahapan ini merupakan tahapan yang paling pen­ting. tetapi kerap kali tidak mampu dilakukan dengan book yang di:sebabkan oleh dua faktor pokok, yakni data dan inforrnasi yang diperlukan tidak tersedia sesuai dengan keperluan. dan ketidakmampuan perencanaan melakukan iden~fikasi dan analisis masalah dengan baik. Mengidentifikasi masalah berarti mengenali dan mencatat segala sesuatu yang dipandang rnerupakan masalah, sedangkan meng­analisis masalah berarti melakukan verifikasi, yakni menguji apakah yang diang­gap sebagai masalah itu benar-benar merupakan masalah yang sebenarnya dan mendesak uotuk dipecahkan, dan melakukan diagnosis, yakni rnengenali faktor­ faktor penyebab timbulnya masalah. Dapat terjadi perencana langs"uog menentu­kan berbagai altematif pemecahan masalah tanpa melakukan verifikasi dan diagnosis yang cermat terhadap masalahnya itu sendiri. Lalu, apa sebenarnya yang bisa dinamakan sebagai masalah dalam pendidikan itu. bagairnana menemukannya, mengujinya, dan mendiagnosisnya? "Dan kenapa pula verifikasi dan diagnosis masalah itu sedemikian penting artinya dalam perencanaan pendidikan?


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.7438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats