Pemantapan Teknologi Komunikasi Pendidikan

Authors

  • Yusufhadi Miarso

DOI:

https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.7367

Abstract

Pada umumnya sudah kita ketahui bahwa pmerataan pendidikan bukanlah sekedar ekspansi linear dari dimensi yang bersifat dalam sistem pendidikan, seperti misalnya menambah jumlah sekolah, jumlah guru, jumlah uang, jumlah fasilitas dan buku pelajaran dll. Aspek yang bersifat kualitatif seperti misalnya efisiensi eksternal denagn indikator kesempatan lulusan, standar prestasi murid, karakteristik lulusan, dll. Secara sekaligus perlu pula ditingkatkan.

Di samping itu dengan adanya berbagai hambatan di luar sistem pendidikan seperti hambatan geografis, sosial ekonomis ataupun hambatan fisik maupun mental yang mengahalangi hasrat pendapat pendidikan, maka perlu pula ditingkatkan dan dikembangkan berbagai bentuk dan cara penyajian untuk membantu pelaksanaan program pemerataan pendidikan.

Salah satu bentuk dan cara penyajian yang kita kenal luas adalah "sekolah". Bentuk ini mempunyai cara yang konvensional seperti adanya gedung khusus, adanya kurikulum yang diberlakukan, adanya sejumlah murid tertentu, dll. Bentuk inipun kalau kita tinjausecara historis merupakan perkembangan dari bentuk yang kita ketahui pada jaman dahulu dimana seorang pandai mengajarkan kepandaiannya kepada beberapa orang murid, tanpa ada pedoman.

Downloads

Published

2015-12-07

How to Cite

Miarso, Y. (2015). Pemantapan Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.7367