KNOW WHAT YOU ARE DOING: LEARNING AND TEACHING THEORIES BEHIND THE CLASSROOM PRACTICE

Sugirin .,

Abstract


Abstrak: Pahami Tindakan Anda: Teori Pembelajaran di balik Praktik di Kelas. Studi kasus ini bertujuan mengungkap sejauh mana mahasiswa calon guru mampu memberikan alasan atas tindakan kelas yang dilakukan dalam pelatihan bahasa Inggris bagi pekerja industri kerajinan di Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta. Data tentang tindakan, yang dikumpulkan melalui pengamatan non-partisipan yang didukung rekaman video, dianalisis dengan analisis model Blaxter, Hughes and Tight’s (2006), sementara data tentang alasan tindakan dianalisis dengan model Miles & Huberman (1994: 10). Hasil analisis menunjukkan bahwa mahasiswa calon guru dalam penelitian ini: (1) tidak selalu mampu memberikan alasan yang tepat atas tindakan yang secara pedagogik benar; (2) tidak mampu memberikan alasan atas sebagian besar tindakan yang secara pedagogik tidak tepat; dan (3) memberikan alasan yang berubah-ubah atas tindakan yang secara pedagogik tidak jelas tujuannya. Temuan kajian ini mendukung keraguan Chappell & Hawke (2003) apakah para guru memahami apa yang mereka lakukan. Kata kunci: studi kasus, teori pembelajaran, praktik di kelas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.4201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats