PENGEMBANGAN MODEL "LIS-5C" PADA PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4145Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konsepsional dan model hipotetik LIS-5C dalam Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Penelitian dilaksanakan dalam tiga tahap, yaitu tahap studi literatur, perumusan model konsepsional, dan perumusan model hipotetik LIS-5C. Model konsepsioanal LIS-5C mencakup: (1) komponen filosofis: esensialisme dan pragmatisme; (2) komponen teoretis: teori belajar kognitivisme dan konstruktivisme, teori pendidikan kejuruan untuk pembangunan berkelanjutan; (3) komponen metodologis critical thinking and problem solving; communication, collaboration, and cellebration; creativity and innovation; dan (4) komponen teknis berpikir secara kreatif, bekerja secara kreatif dengan orang lain, menerapkan inovasi; memecahkan masalah, berkomunikasi secara efektif, bekerjasama dengan orang lain. Model hipotetik LIS-5C bermuara kepada skill belajar memecahkan masalah secara kreatif berdasarkan skill belajar berpikir kreatif, bekerja kreatif dengan orang lain, dan mengimplementasikan hasil inovasi dalam pemecahan masalah.Kata Kunci: learning-innovation skills (LIS), creativity, critical thinking, communication, collaboration, celebration, pemecahan masalah
Downloads
Published
2015-04-06
How to Cite
Sudira, P. (2015). PENGEMBANGAN MODEL "LIS-5C" PADA PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 34(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4145
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.