AFFECTIVE DOMAIN DEVELOPMENT: REALITY AND EXPECTATION
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.357Abstract
Abstrak: Pengembangan Ranah Afektif: Kenyataan dan Harapan. Pendidik masakini mendambakan perhatian yang seimbang terhadap pengembangan ranah kognitif,
psikomotorik dan afektif dalam mendidik generasi muda. Namun, di dalam
pelaksanaannya sedikit sekali penghargaan yang diberikan kepada anak-anak yang
telah menunjukkan perkembangan ranah afektif secara baik. Hal ini terjadi karena
tolok ukur keberhasilan pendidikan selalu mengacu kepada prestasi siswa yang
terkait dengan ranah kognitif atau psikomotorik. Selain itu, banyak contoh ambivalensi
dalam kehidupan nyata di masyarakat yang dapat melemahkan pondasi
bagi pengembangan ranah afektif. Apabila generasi muda diharapkan berkembang
menjadi manusia seutuhnya, penghargaan yang layak seharusnya diberikan
kepada mereka yang berhasil dalam mengembangkan ranah afektifnya, dan harus
ada teladan yang dapat mereka acu. Selain itu, pendampingan perlu dilakukan oleh
orang tua dan guru.
Downloads
How to Cite
Sugirin, S. (2010). AFFECTIVE DOMAIN DEVELOPMENT: REALITY AND EXPECTATION. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.357
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.