PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI ATAS LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Nurdin Nurdin, , Indonesia

Abstract


Abstrak:  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan persepsi atas lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Metode Penelitian ini merupakan penelitian survey. Subjek penelitian  ini adalah 160 siswa diambil secara acak di SMP Negeri Tambun-Bekasi. Data dikumpulkan dengan instrumen angket menggunakan skala likert. Keabsahan data diperoleh dengan uji validitas dan reliabilitas, semua data memiliki distribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar memberi pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Begitu juga persepsi atas lingkungan sekolah memberi pengaruh yang signifikan terhadap prestasi  belajar ilmu pengetahuan sosial. Koefisien determinasi (R2) adalah motivasi belajar dan persepsi atas lingkungan sekolah memunyai hubungan kurang kuat terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial.

Kata Kunci : Belajar, persepsi, Prestasi

 

THE EFFECT OF LEARNING MOTIVATION AND PERCEPTIONS OF THE SCHOOL ENVIRONMENT ON THE LEARNING ACHIEVEMENT OF THE SOCIAL SCIENCE

Abstract:This study was aimed to determine the effect of learning motivation and perceptions of the school environment on the learning achievement of social science. This study is a survey study. The subjectswere 160 students drawn randomly in Tambunan, Bekasi state junior high schools in the academic year of 2014/2015. The data were collected through questionnaires using the Likert scales. The validity of the data was obtained using validity and reliability tests. All the data were normally distributed. The findings showed that learning motivation gave a significant effect on the learning achievement of the social science. The perceptions of the school environment also gave a significant effect on the learning achievement of the social science. The determination coefficient (R2) was that learning motivation and perceptions of the school environment had less strong relationship with the learning achievement of the social science.

Keywords: Learning, perception, achievement

 

Keywords


Belajar; persepsi; Prestasi; Learning; perception; achievement

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu, Nur Uhbiyati. 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, dan Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Beck, Robert C. 1990. Motivation Theories and Principles. New Jersey: Prentice Hal, Englewwood Cliffa.

Bloom, dalam Herbert J. Klausmeier. 1971. Educational Psyhology. New York: Harper and Row.

Briggs, Leslie J. 1979. Instructional Design, Principles and Aplication Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Djaali. 2000. Psikilogi Pendidikan. Jakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta.

Gaugh, James I.Mc. 1977. Psychology and Experimental Approach. Sanfrancisco California: Publishing Company.

Hamalik, Oemar. 2000. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Nasution, M.N. 2000. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Purwanto, Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rasyad. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Uhamka Press.

Sadiman, Arief. S. 2001. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali.Sudjana, Nana. 2001. Media Pembelajaran.Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, S.H.D. 2001. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Supriyanto. 2006. Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Bumi Aksara.

Semiawan, Conny R. 1999. Pendidikan Tinggi: Peningkatan Kemampuan Manusia Sepanjang Hayat Seoptimal mungkin. Jakarta: Grasindo.

Soedijarto. 2000. Metode Pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu. Jakarta: Balai Pustaka.

Soejadi. 1991. Mencari Strategi Pengelolaan Pendidikan Matematika Menyongsong Tinggal Landas Pembangunan Indonesia. Surabaya: IKIP.

Soemarwoto, Otto. 1995. Indonesia dalam Kancah isu Lingkungan Global. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Santoso, Soegeng. 2000. Problematika Pendidikan dan cara Pemecahannya, Jakarta: Kreasi Pena Gading.

Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Winkel, W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.

Wodkowski, Raymond J. dan Judith H. 2004. Hasrat untuk Belajar. Jakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v35i1.28269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats