A MODEL OF ACADEMIC GUIDANCE IN UNIVERSITY
Downloads
Abstrak: Model Bimbingan Belajar di Perguruan Tinggi. Tulisan ini merupakan hasil penelitian membahas pentingnya bimbingan belajar karena beberapa alasan yang bersifat internal dan eksternal untuk menunjang kesuksesan belajar dan menyongsong masa depan bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan menghasilkan model bimbingan belajar untuk meningkatkan keterampilan berpikir dan kemandirian dalam belajar dengan menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) melalui empat tahapan: studi pendahuluan, merancang draf model, memvalidasi draf model, dan menguji model di lapangan. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain The pretest and posttest non-equivalent control group design. Hasil penelitian menyimpulkan, model bimbingan yang telah diuji di lapangan terbukti secara meyakinkan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif serta kemandirian, baik aspek pengetahuan, keterampilan, maupun sikap dalam belajar.
Kata kunci: Bimbingan akademik, keterampilan berpikir, kemandirian belajar.Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.