PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.21831/cp.v0i1.1472Abstract
Abstrak: Pengembangan Model Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model bimbingan klasikal untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP di Kulon Progo Yogyakarta dan mengetahui efektivitas modelnya. Pendekatan penelitian adalah Research and Development dengan subjek penelitian siswa dan guru bimbingan dan konseling. Metode pengumpulan data adalah angket bimbingan klasikal dan inventori motivasi belajar. Analisis data menggunakan uji t dan deskriptif. Bimbingan klasikal dilaksanakan melalui interaksi edukatif, menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi, media film, LCD, hand out, papan tulis, terjadwal sepuluh pertemuan, disusun satuan layanan dengan topik delapan faktor instriksik motivasi belajar siswa. Uji efektivitas model menggunakan pretest dan posttest motivasi belajar siswa. Secara keluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan klasikal efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP di Kulon Progo dengan kontribusi peningkatan 44,99%.Kata Kunci: bimbingan klasikal, motivasi belajar
Downloads
Published
2012-02-28
How to Cite
Farozin, M. (2012). PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (1). https://doi.org/10.21831/cp.v0i1.1472
Issue
Section
Articles
License
Jurnal Cakrawala Pendidikan, Jurnal Ilmiah Pendidikan, with ISSN: 0216-1370, is published by the Institute of Education Development and Quality Assurance (LPPMP UNY). Cakrawala Pendidikan has been recently has been re-accredited by Indonesian Ministry of Education and Culture decision Number 51/E/KPT/2017 which is valid for five years since enacted on 4 December 2017.