KONTRIBUSI PENGGUNAAN JURNAL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATAKULIAH PERMAINAN BOLABASKET

Fitria Dwi Andriyani, Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah menginvestigasi kontribusi penggunaan jurnal belajar terhadap proses pembelajaran matakuliah Permainan Bolabasket. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan dilakukan dengan mengaplikasikan jurnal belajar tiap akhir sesi perkuliahan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PJKR FIK UNY kelas C yang mengambil matakuliah Permainan Bolabasket pada tahun ajaran 2014/2015 sejumlah 46 mahasiswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah daftar pertanyaan jurnal dan kuesioner pengalaman menulis jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian mengakui pengaruh positif dari penggunaan jurnal belajar (100%). Sejumlah 95,65% partisipan memiliki pendapat dan perasaan positif terhadap kegiatan menulis jurnal belajar. Selain itu, partisipan menyatakan bahwa kegiatan menulis jurnal memfasilitasi mahasiswa dalam melakukan refleksi diri, mengingat materi, menyadari peningkatan kemampuan, meningkatkan kemampuan untuk memahami materi, memotivasi peningkatan diri, dan meningkatkan pengetahuan. Kesimpulan: penggunaan jurnal belajar memberi nilai dan makna positif terhadap proses pembelajaran. Namun, diperlukan strategi khusus untuk mengimplementasikan jurnal belajar supaya dapat memberi manfaat nyata bagi guru dan siswa.

 

Kata kunci: jurnal belajar, pembelajaran, mahasiswa

 

THE CONTRIBUTION OF THE STUDENT’S JOURNAL TOWARD THE INSTRUCTIONAL PROCESS OF BASKETBALL GAMES COURSE

 

Abstract: The purpose of this study was to investigate the contribution of the student’s journal toward the instructional process of Basketball Games Course. This research was a descriptive research and conducted by applied the student’s journal after the learning process. The population of the research was the students of Class C Prodi PJKR FIK UNY which took part on the Basketball Games course on year 2014/2015. There were 46 students participated on this study. The research instruments on this study were the questions list of student’s journal and questionnaire of writing journal experience. The result revealed that the participants recognized the positive influence of the using of the student’s journal (100%). There wete 95.65% participants who have a positive opinion and feeling toward the journal writing. In addition, participants stated that the student’s journal facilitates to perform self reflection, memorize the material, realize the ability improvement, elevate the ability to understand the material, motivate for self improvement, and increase the knowledge. Our discussions conclude that the student’s journal writing has a positive and meaningful value toward the learning process. However, it needs a specific strategy to implement the journal so that it can give a real benefit for teachers and students.

 

Keywords: student’s journal, instructional, college students

 


Keywords


jurnal belajar; pembelajaran; mahasiswa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.11976

Refbacks





 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats