PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
Enny Zubaidah, enny_zubaidah@uny.ac.id
Sumardi Sumardi,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana keterlaksanaan peran komite sekolah ditinjau dari peningkatan mutu pembelajaran di Sekolah Dasar se-Kabupaten Bantul. Penelitian ini adalah penelitian evaluative dengan pendekatan evaluasi model Stake (Stake’s Countenance Model). Hasil observasi terhadap proses keterlaksaan peran Komite Sekolah yang terjadi di lapangan dibandingkan dengan standar yang seharusnya sebagai kriteria untuk menentukan keberhasilan. Subjek penelitian adalah komite sekolah, kepala sekolah, dan guru SD di Kabupaten Bantul. Pengumpulan data menggunakan teknik angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahap antecedent (input dan perencanaan) pemahaman responden terhadap rancangan program implementasi peran Komite Sekolah belum sepenuhnya sesuai standar dan berkategori cukup dengan persentase 36%. (2) Tahap transaction terhadap implementasi program komite sekolah telah terlaksana dengan kategori baik dengan persentase 58%. (3) Tahap outcomes yaitu evaluasi terhadap implementasi peran Komite Sekolah terhadap tahap antecedent dan transaction masuk kategori cukup dengan persentase 47%. Implementasi peran program komite sekolah di SD Kabupaten Bantul belum memenuhi standar 100%. Oleh karena itu, hasil temuan dari penelitian ini diharapkan bisa dijadikan bahan untuk meningkatkan kinerja dari semua pihak.
Kata kunci: Peran komite sekolah, Mutu pembelajaran
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v35i3.10578
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.