Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Adab dan Doa Harian Ramah Anak di TK ABA Babakan

Authors

  • Miftakhurrokhmah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Priyanto Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jiety.v1i1.84

Keywords:

media pembelajaran, adab dan doa, articulate story

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi belum tersedianya media pembelajaran interaktif untuk menunjang proses pembelajaran, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif adab dan doa ramah anak dengan menggunakan Articulate Storyline 3 di TK ABA Babakan serta mengetahui tingkat kualitasnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan dari Puslitjaknov (2008). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan kuesioner yang dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan mengubah hasil rata-rata penilaian ke dalam skor kualitas.  Hasil penelitian menghasilkan penilaian ahli materi 4,46 kategori “Sangat baik”. Ahli media skor 4,41 dengan kategori “Sangat baik”. Uji coba skala kecil dengan jumlah 7 siswa diperoleh rata-rata 4,36 dengan kategori “Sangat baik”. Terakhir uji coba skala besar dengan jumlah 44 siswa memiliki rata-rata 4,29 dengan kategori “Sangat baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan media pembelajaran “Adab dan Doa Harian Anak”  sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

30-03-2023

Issue

Section

Articles