Pengembangan Game “Marko” Dengan Konsep Game-Based Learning untuk Siswa VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.21831/jiety.v1i2.202Keywords:
media pembelajaran, game-based learning, interaktif mediaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk Game "Marko" dengan konsep game-based learning dan membuat media pembelajaran interaktif dengan menggunakan pembelajaran berbasis game. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, dengan 90 siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Game ini dikembangkan menggunakan mesin game Construct 3 dan menerima peringkat tinggi dari para ahli, dengan 96% pakar media dan 88% pakar materi menilainya sebagai media yang layak. Permainan ini juga menerima skala berkualitas berdasarkan standar ISO 25010, dengan keberhasilan 100% dalam fungsionalitas, kompatibilitas, dan kegunaan. Permainan ini mendapat perhatian dan mempertahankan interaktivitas media di antara siswa, dengan skala puas yang menunjukkan keberhasilannya dalam mempertahankan perhatian mereka. Aspek kemudahan belajar juga turut andil dalam kesuksesan permainan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal of Information Engineering and Technology (JIETY)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.