Materi Sejarah dalam Buku Teks Muatan Lokal Pendidikan Multikultur Kalimantan Barat

Authors

  • Eka Jaya Putra Utama *

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v10i2.5353

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Tujuan dimunculkannya buku teks muatan lokal pendidikan multikultur Kalimantan Barat; (2) Penyajian materi dalam buku teks muatan lokal pendidikan multikultur Kalimantan Barat; (3) Materi sejarah dalam buku teks muatan lokal pendidikan multikultur  Kalimantan Barat. Penelitian diskriptif kualitatif dengan studi kasus tunggal dan strategi penelitian dalam bentuk terpancang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimunculkannya buku teks muatan lokal pendidikan multikultur Kalimantan Barat: (1) Untuk rekonsiliasi konflik melalui jalur pendidikan sekaligus mengenalkan kembali kebudayaan etnis di Kalimantan Barat; (2) Masih memiliki kelemahan dan kekurangan mengenai kelogisan sajian materi yang menjelaskan materi melalui cerita rakyat (folklore), tidak menunjukkan glosarium, indeks, ketepatan tata bahasa, ketidaksesuaian antara materi dengan ilustrasi dan penulisan daftar pustaka; (3) Materi sejarah adalah sejarah lokal Kalimantan Barat dan sejarah kebudayaan etnis Dayak, Melayu, Tionghoa dan Madura.

Kata kunci : Materi Sejarah, Buku Teks Muatan Lokal, Pendidikan Multikultur

Downloads

Published

2015-09-03

How to Cite

*, E. J. P. U. (2015). Materi Sejarah dalam Buku Teks Muatan Lokal Pendidikan Multikultur Kalimantan Barat. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(2). https://doi.org/10.21831/socia.v10i2.5353