Integrasi Organisasi Masyarakat Sipil (Civil Social Organization) di Lingkungan Sekolah

Authors

  • Nur Endah Januarti *

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v10i1.5342

Abstract

Penelitian bertujuan memahami bentuk integrasi organisasi masyarakat sipil terkait dengan pendidikan kearifan lokal untuk memahami substansi, peran serta implementasinya di SD Sendangsari dan lingkungan Desa Sendangsari. Menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data dengan observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian adalah guru, siswa dan karyawan SD Sendangsari; Dinas Pendidikan, masyarakat dan organisasi masyarakat sipil yang terlibat dalam proses pendidikan di sekolah. Analisis data menggunakan teknik interaktif (Interactive Model of Analysis) terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Organisasi Masyarakat memiliki peran membentuk sebuah interaksi antara pihak instansi pendidikan atau lembaga pendidikan untuk membangun komunikasi dengan kelompok, komunitas di masyarakat. Organisasi masyarakat tersebut berupa Paguyuban Kearifan Lokal Orang Tua Murid, Organisasi Pemuda Karang Taruna dan Sanggar Anak Bumi Tani. Wujud integrasi sosial organisasi masyarakat menjadikan sekolah memiliki fungsi  sebagai ruang partisipasi sosial, sarana pemberdayaan sosial organisasi masyarakat, dan sebagai ruang transformasi budaya.

Kata kunci : organisasi masyarakat sipil, sekolah, integrasi.

 

Downloads

Published

2015-09-03

How to Cite

*, N. E. J. (2015). Integrasi Organisasi Masyarakat Sipil (Civil Social Organization) di Lingkungan Sekolah. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1). https://doi.org/10.21831/socia.v10i1.5342