Pemahaman Siswa Terhadap Materi Perkembangan Masyarakat Masa Reformasi Sub-bab Konflik Sambas 1999
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v12i1.5317Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pembelajaran materi perkembangan masyarakat Indonesia pada masa reformasi sub-bab konflik antaretnis sambas tahun 1999 sebagai sumber belajar sejarah kelas XII IPS SMAN 8 Pontianak, meliputi: (1) Pelaksanaan guru dalam menjelaskan materi, (2) Strategi guru dalam menyampaikan nilai historis pada materi, (3) Pemahaman siswa terhadap materi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sampel diambil dengan teknik purposif sampling. Data dikumpulkan dengan observasi langsung, komunikasi langsung, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan guru dalam menyampaikan materi menggunakan ceramah bervariasi diselingi tanya jawab, dan menampilkan power point diselingi film dokumenter. (2) Strategi guru yaitu dengan mengarahkan siswa menyaksikan film kemudian menjelaskan dampak buruk dari peristiwa tersebut dan mengajak siswa mengambil hikmahnya. (3) Pemahaman siswa terhadap materi cukup baik, yang ditunjukkan keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Materi ini menjadikan siswa berfikir kronologis dan memiliki pengetahuan peristiwa masa lampau agar siap menghadapi masa depan.
Kata Kunci : pemahaman materi, konflik antaretnis
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.