Kerajaan Sekadau Sebagai Sumber Belajar Sejarah Dalam Materi Kerajaan Islam di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v12i1.5316Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui perencanaan dan pelaksanaan guru sejarah dalam menyampaikan Kerajaan Sekadau sebagai sumber belajar sejarah dalam materi Kerajaan Islam di Indonesia pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Nanga Taman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi langsung, komunikasi langsung dan dokumentasi. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive dan snowball sampling. Analisis data meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) Perencanaan telah dilakukan dengan baik, nampak pada kemampuan guru dalam mempersiapkan RPP dan Silabus serta pemanfaatan bahan pembelajaran buku sejarah Kerajaan Sekadau dan buku lain yang relevan. (2) Pelaksanaan telah berjalan baik, nampak dari respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran klasikal yang bertujuan mempermudah pemahaman dan menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif; siswa aktif dalam pembelajaran; siswa diarahkan berpikir kronologis dan memilki pengetahuan masa lampau, siap menghadapi masa depan, dan melestarikan serta mewariskan peristiwa masa lampau yang bermakna bagi generasi seterusnya.
Kata Kunci: Kerajaan Sekadau, Sumber Belajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.