Aktualisasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sejarah
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v11i2.5305Abstract
Berbagai persoalan serius dan sistemik mengenai kebangkrutan moral, hilangnya rasa tanggungjawab, dan disorientasi kebangsaan yang bersifat multidimensional, terjadi tidak hanya pada level kepemimpinan nasional, tetapi juga pada level lokal, bahkan sampai tingkat generasi mudanya. Hal itu mendorong perlunya pendidikan yang dapat menjawab berbagai perubahan sosial di tengah-tengah perkembangan masyarakat yang menglobal. Persoalan mendasar berkaitan dengan peranan pendidikan adalah bagaimana pendidikan dilakukan dengan memuat nilai-nilai humanis serta membentuk karakter dan perilaku yang sesuai dengan perkembangan dalam dunia yang terus berubah dari waktu ke waktu. Kita harus mampu menyelenggarakan pendidikan yang mengacu ke masa depan. Pendidikan yang mempersiapkan generasi muda untuk menatap masa depan yang lebih baik, dengan pemaknaan terhadap kehidupan yang dinamis secara positif yang berkaitan dengan upaya pengembangan kualitas dan kemandirian manusia Indonesia. Sehingga dimungkinkan secara proaktif dapat menjawab tantangan masyarakat dan bangsa, dalam dunia yang kompleks. Dunia keilmuan dan corak pendekatan pendidikan kita dalam tataran teoretis dan praktis harus mampu melepaskan diri dari pengaruh kelimuan warisan Cartesian yang mekanistik positivistik. Desain ilmu-ilmu sosial dalam pendidikan, terutama pendidikan sejarah harus dapat menawarkan kemandirian, melalui pengembangan karakter, kesadaran dan nalar kritis dengan memfungsikan kesadaran etis dan estetika. Ilmu-ilmu sosial dan sejarah merupakan solusi dalam mengatasi krisis kemanusiaan dewasa ini. Terutama pembelajaran sejarah dengan implementasi yang tepat.Kata Kunci: ilmu sosial, pendidikan karakter, pembelajaran sejarah
Downloads
Published
2015-09-02
How to Cite
*, D. B. (2015). Aktualisasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sejarah. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 11(2). https://doi.org/10.21831/socia.v11i2.5305
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.