Muatan Pendidikan Lingkungan dalam Tayangan Jalan Sesama

Authors

  • Budiman dan Muhsinatun Siasah * *

DOI:

https://doi.org/10.21831/socia.v11i1.5288

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan media pendidikan lingkungan di luar sekolah dalam rangka meningkatkan kepedulian lingkungan pada anak-anak.Penelitian ini merupakan penelitian analisis isi, objek penelitian adalah 10 tayangan Jalan Sesama yang ditayangkan selama Maret-April 2010.Penelitian ini dilakukan dengan menghitung frekuensi kemunculan pesan pendidikan lingkungan dalam setiap episode.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar koding.Data yang terkumpul dianalisis dengan membandingkan data hasil koding dari tiga orang pengkoding yang berbeda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan pendidikan lingkungan yaitu pengenalan flora dan dan fauna adalah pesan yang paling sering muncul, sebanyak 73,01%. Pesan tersebut paling sering muncul dalam segmen studio, yaitu sebanyak 38,67%. Pesan pendidikan lingkungan dalama tayangan Jalan Sesama lebih banyak disampaikan secara implisit dan menyatu dalam alur cerita, yaitu sebanyak 66,04%. Pesan-pesan pendidikan lingkungan sebagian besar disampaikan oleh tokoh pembantu, yaitu sebanyak 87,75%.

Kata Kunci: pendidikan lingkungan hidup, anak-anak, televisi, Jalan Sesama.

 

Downloads

Published

2015-09-02

How to Cite

*, B. dan M. S. *. (2015). Muatan Pendidikan Lingkungan dalam Tayangan Jalan Sesama. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1). https://doi.org/10.21831/socia.v11i1.5288