URGENSI KETERAMPILAN 4C ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
DOI:
https://doi.org/10.21831/socia.v19i1.49478Keywords:
Keterampilan 4C, Pendidikan Abad 21, Pembelajaran SejarahAbstract
Perkembangan teknologi abad 21 turut memengaruhi orientasi peralihan paradigma pendidikan dalam mempersiapkan generasi muda yang adaptif terhadap pergulatan zaman. Berbeda dengan cabang ilmu eksakta maupun humaniora lain yang bersentuhan dengan isu mutakhir, pembelajaran sejarah dengan segala urgensinya menemui kendala klasik terkait image pengetahuan yang usang karena hanya berkutat pada pengetahuan masa lampau tanpa ada relevansi kehidupan masa kini. Oleh sebab itu, artikel ini bertujuan untuk menelaah secara kritis pentingnya keterampilan 4C abad 21 serta cara untuk menginternalisasikannya dalam pembelajaran sejarah agar tetap terjaga eksistensinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis-deskriptif serta menghimpun informasi menggunakan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan 4C abad 21 dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran sejarah serta dapat diinternalisasikan dengan mengubah model pembelajaran dari konvensional "teacher-sentris" menjadi berciri abad 21 "student-centris". Beberapa model yang dimaksud, antara lain project based learning, problem based learning, inquiry learning dan discovery learning. Selain itu dari tinjauan materi pembelajaran juga mengalami transformasi berupa bentuk materi dari berbasis kertas ke internet serta konten yang lebih memandang isu-isu kontemporer dan menekankan nilai-nilai karakter dari setiap peristiwa sejarah dibanding sekadar menghapal kronologi peristiwa sejarah.
References
Alit, Dewa Made. 2020. "Inquiry Discovery Learning dan Sejarah Lokal: Pembelajaran Sejarah Menghadapi Tantangan Abad 21." Jurnal Ilmu Sosial, Vol. 8 No. 1 57-79.
Anderson, and Krathwohl. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assesing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Longman.
Bell, Stephanie. 2010. "Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future."
The Clearing House, 83 39-43.
ErdoÄŸan, Vacide . 2019. "Integrating 4C Skills of 21st Century into 4 Language Skills in EFL Classes." International Journal of Education and Research Vol. 7 No. 11 113-124.
Fajri, Iwan, Khairan Ar, Andika Prajana, Yusran, and Sanusi. 2020. "Peningkatanh Keterampilan 4C melalui Model Pembelajaran Berbasis Portofolio." Jurnal Dedikasi Pendidikan, Vol. 4 No. 2 371-380.
Harada, Tomohito. Yogyakarta. "Consistency of History Curriculum in Primary and Secondary School." Jurnal Studi Sosial, Vol. 1 2005.
Hamdiyah, Laili Masithoh. n.d. "DISCOVERY LEARNING, INQUIRY LEARNING, AND CULTURAL LITERACY DEVELOPMENT EFFORTS OF STUDENTS IN
LEARNING HISTORY AT SCHOOL." The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching.
Hasan, Said Hamid. n.d. "Pendidikan Sejarah untuk Kehidupan Abad ke 21." HISTORIA: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah, Vol. 2 No. 2 61-72.
I.M.A.A. Gunawan1, , N.N. Padmadewi2, , and I.G.A.L.P. Utami. 2922. "THE ANALYSIS OF 4C SKILLS REPRESENTATION IN ELEVENTH GRADE SENIOR HIGH SCHOOL'S ENGLISH TEXTBOOK." Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Indonesia, Vol. 10 No. 1 66-76.
Isjoni. 2007. Pembelajaran Sejarah pada Satuan Pendidikan. Bandung: Alphabeta.
Lapek, Juliana. n.d. "Promoting 21st Century Skills in Problem-Based Learning Environments." 66-85. Pennsylvania,: California University of Pennsylvania,.
Kuntowijoyo. 2013. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Masruroh, Luluk. 2018. "Penerapan Model Discovery dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 4 Sidoarjo." Jurnal Artefak: History and Education, Vol. 5 No. 1 9-18.
Maulidah, Evi. 2021. "Keterampilan 4C dalam Pembelajaran untuk Anak Usia Dini."
Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2 No. 1 52-68.
Mujiyati, Novita . 2016. "KONTRUKSI PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (PBL)." Jurnal HISTORIA Volume 4, Nomor 2 81- 89.
Nurcahyo, Edi, and Leo Agung S; Djono. 2018. "The Implementation of Discovery Learning Model with Scientific Learning Approach to Improve Students' Critical Thinking in
P21. 2007. The Intelectual and Policy Foundations of the 21st Century Skills Framework.
Prihadi, Edi. 2018. "Pengembangan Keterampilan 4C Melalui Metode Poster Comment pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti (Penelitian di SMA Negeri 26 Bandung)." "Semangat Pusat Kajian Islam"JPI_Rabbani 464-479.
Rahmawati, Fitri, Muhammad Shulhan Hadi, and Zidni. 2021. "Pembelajaran Sejarah Terintegrasi PPK, Literasi, Keterampilan Abad XXI (4C) dan HOTS." Fajar Historia: Jurnal Ilmu Sejarah dan Pendidikan, Vol 5 No. 2 194-209.
Salinan Permendikbud 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. bandung: Alfabeta.
Saputra, Een, and Sariyatun. 2019. "Pembelajaran Sejarah di Abad 21 (Telaah Teoretis terhadap Model dan Materi)." Yupa: Historical Studies Journal, Vol. 3 No. 1 18-27.
Sukardi, Tanto. 2015. "Tinjauan Kritis Mengenai Pembelajaran Sejarah." Khazanah Pendidikan.
Susanto, Heri. 2014. Seputar Pembelajaran Sejarah (Isu, Gagasan dan Strategi Pembelajaran). Sleman: Aswaja Pressindo.
Trilling, Bernie, and Charles Fadel. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Time.
San Fransisco: Jossey Bass.
Waring , Scot, M, and Kirk S. Robinson. 2010. "Developing Critical and Historical Thinking Skills in Middle Grade Social Studies." Middle School Journal, Vol. 42 No. 1 22-28.
Widja, I Gde. 2018. "Pembelajaran Sejarah yang Mencerdaskan: Suatu Alternatif Menghadapi Tantangan dan Tuntutan Jaman yang Berubah." Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, Vol. 1 No. 2 112-134.
Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Obor.
Zed, Mestika. 2018. "Tentang Konsep Berfikir Sejarah." Lensa Budaya, Vol. 13 No. 1 54-60. Zubaidah, Siti. 2016. "Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang diajarkan Melalui Pembelajaran." Seminar Nasional Pendidikan, Vol. 2 No. 2. Malang: Jurusan Biologi-
FMIPA. 1-17.
Learning History." International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding (IJMMU) Vol. 5, No. 3, 106-112.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.